Ahad 01 May 2022 19:50 WIB

Kena Gagal Jantung Akibat Kecanduan, Slash Merasa Beruntung tidak Kehilangan Nyawa

Usia Slash sempat diperkirakan hanya tersisa enam pekan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Gitaris legendaris Slash sudah 16 tahun terbebas dari kecanduan alkohol dan obat-obatan terlarang.
Foto:

Dibandingkan dengan jenis kardiomiopati lainnya, kardiomiopati restriktif jarang terjadi. Kondisi ini paling sering didiagnosis pada anak-anak.

Kardiomiopati terjadi ketika bilik jantung utama menjadi kaku setelah berkontraksi. Aliran darah berkurang karena jantung tidak dapat terisi darah dengan baik.

Akhirnya, pada kardiomiopati ventrikel kanan aritmogenik (ARVC), protein yang biasanya menyatukan sel-sel otot jantung menjadi tidak normal. Sementara itu, Slash mengatasi penyakitnya melalui kombinasi terapi fisik dan implantasi defibrillator, juga dikenal sebagai ICD.

NHS menjelaskan bahwa defibrilator implan bertujuan untuk mengubah jaringan jantung yang sakit yang menyebabkan masalah irama jantung. Perawatan lain yang tersedia untuk mereka yang menderita kardiomiopati mencakup pengobatan hingga perubahan gaya hidup.

Umumnya, membuat perubahan ini dapat membantu individu untuk menghindari masalah jantung lebih lanjut. Cara itu seperti makan makanan yang sehat dan lakukan olahraga ringan.

Berhenti merokok, menurunkan berat badan (jika obesitas). Hindari atau kurangi asupan alkohol, tidur cukup, kelola stres dan pastikan jika ada kondisi yang mendasarinya, seperti diabetes, harus terkontrol dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement