Rabu 27 Apr 2022 16:36 WIB

Dokter: Cegah Penularan Covid-19 ke Kelompok Rentan Saat Mudik-Silaturahim Lebaran

Dokter ingatkan masih ada potensi penularan Covid-19, terutama ke kelompok rentan.

Calon penumpang menunggu penerbangan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (27/4/2022). Dokter ingatkan masyarakat untuk jalankan protokol kesehatan untuk cegah penularan Covid-19.
Foto:

Sementara fungsi vaksinasi adalah ketika terjadi infeksi maka pasien tidak akan mengalami gejala Covid-19 yang berat. Untuk itu, baik vaksinasi maupun protokol kesehatan perlu dilakukan secara simultan sebagai langkah preventif.

Terkait kegiatan mudik, Pompini mengingatkan, masih terdapat kelompok rentan seperti orang lanjut usia dan pemilik penyakit penyerta atau komorbid yang harus dilindungi dari risiko penularan Covid-19. Untuk itu, meski vaksinasi telah didorong dan jumlah penerima vaksin Covid-19 terus meningkat, tapi protokol kesehatan tetap harus dilakukan sebagai bentuk perlindungan kepada diri sendiri dan orang lain.

"Kalau kita lihat ada banyak kelompok rentan yang harus kita lindungi bisa saja mereka adalah keluarga kita. Kita harus jaga betul ketika kita bertemu dengan mereka, karena tidak boleh vaksinasi dilepas sendiri tanpa protokol kesehatan," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement