Selasa 03 May 2022 01:10 WIB

Pusing Bisa Jadi Salah Satu Tanda Awal Strok, Terasa 7 Hari Sebelum Serangan

Tanda-tanda peringatan strok dapat terjadi tujuh hari sebelum serangan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Gejala strok. Pusing mungkin merupakan salah satu tanda peringatan dini strok.
Foto:

Langkah-langkah inti pencegahan terhadap strok utamanya ialah untuk mengelola kondisi predisposisi, seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Lalu, jalani diet sehat dan olahraga rutin.

Harvard TH Chan School of Public Health menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi makanan dengan makanan nabati yang sehat dalam jumlah yang lebih tinggi dan makanan nabati yang kurang sehat dalam jumlah yang lebih rendah dapat mengurangi risiko strok. Itu jika dibandingkan dengan orang-orang dengan pola makan berkualitas rendah.

photo
Deteksi gejala stroke dengan metode FAST - (Republika)

Pola makan nabati yang sehat adalah dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Diet ini umumnya mencakup tingkat yang lebih rendah dari konsumsi biji-bijian olahan, kentang, dan gula tambahan.

Gabungan langkah-langkah diet yang disebutkan di atas telah terbukti menurunkan risiko strok secara keseluruhan hingga 10 persen. Di samping itu, tidak minum alkohol dan menghindari asap rokok sama pentingnya untuk melindungi otak dan jantung dari kerusakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement