Rabu 20 Apr 2022 05:20 WIB

Tanda Kolesterol Tinggi pada Orang di Bawah 45 Tahun

Kolesterol tinggi sering kali gejalanya tidak tampak secara jelas.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Mata (ilustrasi). Perubahan di area mata bisa menjadi indikator yang kuat kolesterol, terutama bagi individu di bawah usia 45 tahun.
Foto:

Kadar trigliserida saat puasa yang merupakan salah satu indeks akurat status fungsional metabolisme lipid meningkat pada 72 persen kasus yang menunjukkan korelasi kuat antara gangguan metabolisme lipid dan kejadian arcus kornea. Orang yang berusia di bawah 40 tahun dan menderita arkus kornea harus menjalani tes darah untuk memeriksa kadar kolesterol dan lipid.

Anda mungkin berada pada risiko yang lebih tinggi untuk kolesterol tinggi dan penyakit arteri koroner. Dokter akan mengobati kolesterol tinggi dengan beberapa cara.

Anda bisa memulainya dengan mencoba perubahan gaya hidup, seperti lebih banyak berolahraga dan mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol. Arkus kornea disebabkan oleh timbunan lemak (lipid) di bagian luar kornea.

American Academy of Ophthalmology mengatakan bahwa dokter mata cukup melihat mata untuk mendiagnosis arkus kornea. Kadang-kadang mereka juga akan menggunakan mikroskop slit-lamp. Arkus kornea tidak memiliki gejala dan tidak menyebabkan masalah penglihatan, jadi tidak diperlukan pengobatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement