Rabu 13 Apr 2022 07:44 WIB

Cynthia Lamusu Ceritakan Perjuangan Keluar dari Konsep Self-Love yang Keliru

Cynthia Lamusu sempat tak merawat diri karena terfokus dengan buah hatinya

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Cynthia Lamusu meluncurkan buku pertamanya, Move It: Be Healthy Be Happy, Selasa (12/4/2022).
Foto: Republika/Santi Sopia
Cynthia Lamusu meluncurkan buku pertamanya, Move It: Be Healthy Be Happy, Selasa (12/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penyanyi Cynthia Lamusu mengaku pernah terjebak dalam konsep "self-love" yang keliru. Kini, ia telah berhasil mengoreksi pandangannya hingga mampu mencapai kondisi kesehatan yang lebih baik.

"Kita sayangi diri dulu. Karena ketika kita sehat dan berdaya, otomatis kita bisa secara leluasa berbagi energi positif, kasih sayang, dan perhatian untuk orang-orang tercinta di sekitar kita."

Baca Juga

Sepenggal kalimat itu tertulis dalam buku pertama karangan Cynthia berjudul Move It: Be Healthy Be Happy. Momen enam bulan terakhir yang dituangkan dalam buku ini mengungkap titik balik di mana Cynthia konsisten menerapkan pola hidup sehat.

"Awalnya aku berpikir nggak apa-apa gendut asal sehat, tapi ternyata itu salah," kata Cynthia saat meluncurkan bukunya di Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Cynthia mengaku terjebak dalam konsep menerima diri apa adanya, padahal kondisi itu bisa diubah. Dulu, ia berpikir bahwa "Memang dari sananya punya bakat gemuk dan suka makan enak."

Cynthia perlahan tersadar bahwa pola hidup yang dijalaninya selama ini salah. Perempuan 44 tahun tersebut mengaku begitu fokus kepada keluarga, sehingga kurang memperhatikan diri.

Keinginan Cynthia untuk hidup sehat sudah sering muncul, tetapi biasanya bersifat musiman. Sesekali semangat, kadang kendur.

Suatu hari, tubuh Cynthia terasa tidak enak dan hasil tes kesehatannya kurang bagus. Barulah ia betul-betul tergugah untuk merawat dirinya sendiri tanpa mengabaikan keluarga.

Menurut Cynthia, resep hidup sehat yang didambakan banyak orang sebenarnya tidaklah rumit. Hal yang penting adalah makanan bergizi yang diolah dengan baik, minum cukup, tidur cukup, rutin berolahraga, dan berpikir positif.

Namun, menjalaninya secara konsisten, bukanlah hal mudah. Terlebih lagi untuk para ibu yang memprioritaskan waktu dan tenaganya untuk buah hati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement