Rabu 13 Apr 2022 00:43 WIB

Ahli: Buang Air Besar di Kloset Duduk Bisa Sebabkan Radang Usus Buntu

Buang air besar di kloset jongkok lebih direkomendasikan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kloset duduk. Ahli kesehatan dan kebugaran menyebut, buang air besar di kloset duduk bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius seperti radang usus buntu.
Foto:

Posisi duduk yang salah juga dapat menyebabkan inflammatory bowel disease (IBD). Taylor menjelaskan, gejala pertama IBS adalah kram perut, kembung, bergas, atau diare.

"IBD bisa jauh lebih parah, dengan gejala tambahan seperti darah di feses, nafsu makan berkurang, dan penurunan berat badan yang tidak diinginkan," jelas dia.

photo
Cek sehat dari buang air besar - (republika)

Ketika mulai radang usus buntu, gejala utamanya adalah rasa sakit di perut kanan bawah dekat pusar yang dapat berkembang dari rasa sakit yang tumpul ke rasa sakit yang lebih parah. Tanda-tanda lain termasuk mual dan muntah setelah rasa sakit dimulai, bengkak, demam, kehilangan nafsu makan dan ketidakmampuan untuk buang angin.

Salah satu cara sederhana untuk mengurangi risiko kondisi serius ini adalah jongkok. Taylor mengatakan, ketika jongkok dan mengangkat lutut lebih tinggi dari pinggul, sudut anorektal diluruskan dan otot puborektalis melepaskan rektum membuat buang air besar lebih mudah.

"Pertimbangkan untuk membeli bangku kloset, yang membantu Anda mencapai posisi jongkok terbaik, dan menempatkan otot-otot Anda ke mode eliminasi untuk buang air besar yang sehat tanpa ketegangan yang berlebihan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement