Ahad 14 Nov 2021 00:20 WIB

Dokter: Buang Air Besar Jangan Lebih dari 10 Menit

Dokter mengingatkan agar tidak duduk berlama-lama saat buang air besar.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Kloset. Dokter bedah asal Inggris, dr Karan Rajan, mengingatkan agar orang-orang tidak duduk berlama-lama di kloset saat buang air besar.
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Kloset. Dokter bedah asal Inggris, dr Karan Rajan, mengingatkan agar orang-orang tidak duduk berlama-lama di kloset saat buang air besar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang menikmati duduk santai di toilet sambil membaca koran, buku, atau memainkan ponselnya. Meski terdengar lazim, kebiasaan itu rupanya tidak direkomendasikan oleh dokter.

Menurut dokter, sebaiknya Anda tak menghabiskan lebih dari 10 menit di toilet. Hal ini bisa mengakibatkan masalah yang tidak menyenangkan.

Baca Juga

Dalam sebuah postingan di TikTok, dr Karan Rajan mengungkapkan apa yang tidak boleh Anda lakukan saat buang air besar. Hal itu ia sampaikan dalam kaitannya dengan cara menghindari wasir.

"Nomor satu, hindari mengejan terlalu keras," ujar dokter dari University of Sunderland, Inggris itu, seperti dikutip dari laman The Sun, Sabtu (13/11).

Setiap orang memiliki bantalan anal untuk menghentikan buang air besar. Bantalan tersebut juga mengandung pembuluh darah.

"Tapi jika Anda terus mengejan di toilet, pembuluh darah ini bisa membengkak dan menyebabkan wasir," ungkap dr Karan.

Tip kedua dari dr Karan adalah Anda tidak boleh menghabiskan waktu terlalu lama saat buang air besar. Ia mengingatkan untuk tidak menghabiskan rata-rata lebih dari 10 menit di toilet.

"Gravitasi bukanlah temanmu," ujar dokter bedah Inggris ini soal duduk berlama-lama di atas kloset.

Menurut dr Karan, semakin lama Anda menghabiskan waktu duduk di kloset, semakin lama darah dapat terkumpul di pembuluh darah rektum. Ujungnya, ini dapat menyebabkan wasir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement