Selasa 12 Apr 2022 14:18 WIB

Cegah Gugatan Hak Cipta, Ed Sheeran Bertekad Filmkan Setiap Sesi Penulisan Lagu

Ed Sheeran memenangkan kasus gugatan hak cipta atas lagu 'Shape of You'.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Ed Sheeran tampil di acara Today NBC di Rockefeller Plaza pada Kamis, 9 Desember 2021, di New York. Sheeran sudah dua kali digugat atas dugaan pelanggaran hak cipta.
Foto:

Berbicara tentang kasus terbarunya, Sheeran mengaku senang kasus itu telah berakhir dan menang di persidangan. Namun, dia tak memungkiri bahwa menjalani proses hukum itu tidaklah menyenangkan.

"Tuntutan hukum tidak menyenangkan bagi siapa pun yang terlibat. Dan ya, saya pikir di semua sisi itu bukan pengalaman yang menyenangkan," kata dia.

Sheeran juga mengaku menyesal telah menyelesaikan kasus hak cipta senilai 20 juta dolar AS atas "Photograph" pada tahun 2017. Hal itu dinilai menjadi pemicu klaim serupa pada lagu-lagunya.

Dalam sebuah pernyataan video yang dibagikan ke Instagram, Sheeran juga menyinggung bahwa gugatan mengenai hak cipta semakin umum dilakukan. Ia menyebut, pada dasarnya itu hanya merusak industri penulisan lagu.

"Hanya ada begitu banyak nada dan sangat sedikit akord yang digunakan dalam musik pop. Suatu kebetulan pasti akan terjadi jika 60 ribu lagu dirilis setiap hari di Spotify," kata Sheeran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement