Selasa 12 Apr 2022 06:30 WIB

Lidah Mati Rasa Bisa Jadi Indikasi Gejala Kanker Mulut, Apa Pertanda Lainnya?

Lidah merupakan indikator kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Pria menjulurkan lidah (Ilustrasi). Mati rasa di lidah dapat menjadi salah satu gejala kanker mulut.
Foto:

Salah satu masalah dengan berbagai bentuk kanker mulut adalah meskipun mudah untuk diperiksa, tetapi juga mudah untuk dilupakan. Di dunia di mana setiap orang begitu sibuk, orang cenderung menunda kunjungan ke dokter gigi atau dokter umum untuk mengonsultasikan masalah mulut yang mengganggu.

Akibatnya, beberapa jenis kanker tidak terdiagnosis cukup cepat. Karena itulah dr Burkey menyerukan untuk segera menemui tenaga kesehatan jika gejalanya bertahan selama lebih dari dua pekan. Namun, hanya karena seseorang memiliki mulut yang mati rasa tidak berarti mereka secara otomatis terkena kanker.

Lidah mati rasa bisa juga disebabkan oleh hipokalsemia, kekurangan vitamin, hipoglikemia, multiple sclerosis, kondisi psikologis, dan parestesia terkait saraf. Kondisi potensial lainnya meliputi reaksi alergi, kejang, sindrom mulut terbakar.

Kanker mulut juga sering dikaitkan dengan penggunaan alkohol atau tembakau atau infeksi virus HPV. Faktor risiko lain untuk kanker mulut termasuk pola makan yang tidak sehat, mengunyah buah pinang dengan atau tanpa tembakau, dan kebersihan mulut yang buruk.

Sebagian besar lembaga kesehatan merekomendasikan menyikat gigi dua kali sehari selama setidaknya dua menit. Berkumur dengan obat kumur juga disarankan. Jika ada gejala yang bertahan, konsultasikan dengan dokter gigi atau dokter umum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement