Kamis 07 Apr 2022 00:04 WIB

Memar Seperti Apa yang Menjadi Gejala Kanker?

Waspadai jika mengalami memar yang tidak biasa, bisa jadi itu gejala kanker.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Memar di anggota tubuh. Ketika menjadi manifestasi kanker, memar cenderung berada di sisi tubuh yang lebih besar dan tampak lebih parah dari biasanya.
Foto: Flickr
Memar di anggota tubuh. Ketika menjadi manifestasi kanker, memar cenderung berada di sisi tubuh yang lebih besar dan tampak lebih parah dari biasanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker dapat berada di area mana pun pada tubuh, sehingga tidak mengherankan jika gejala penyakitnya sangat luas. Mengenali kanker saat baru muncul adalah kunci untuk menyembuhkan penyakit. Secara medis, memar yang muncul di area yang tidak biasa dapat menunjukan suatu indikasi berbagai jenis kanker.

Gejala kanker bisa sangat luas dan tidak jelas, tetapi tanda-tanda umum lebih mudah dikenali. Beberapa tanda peringatan yang mencakup kanker termasuk penurunan berat badan, dan kelelahan.

Baca Juga

Tanda-tanda lain seperti memar, sering diabaikan karena dikira akibat cedera. Namun, ketika itu disebabkan oleh kanker, maka memarnya mungkin akan terlihat lebih besar, menurut beberapa badan kesehatan.

Memar sering terjadi pada pasien yang menerima kemoterapi, tetapi terkadang penyakit kankerlah penyebabnya. Ketika menjadi manifestasi kanker, memar cenderung berada di sisi tubuh yang lebih besar dan tampak lebih parah dari biasanya.

University of California San Francisco mencontohkan memar di tulang kering akibat menabrak meja. Itu adalah normal.

"Tapi jika tiba-tiba banyak memar di area tubuh yang tidak biasa dan belum terbentur bisa mengindikasikan berbagai kanker darah," demikian laporan University of California San Fransisco, seperti dilansir Express.co.uk, Rabu (6/4/2022).

Orang dengan leukemia memiliki kecenderungan untuk memar karena tubuh mereka tidak menghasilkan cukup trombosit yang dibutuhkan untuk menyumbat pembuluh darah yang berdarah. Trombosit adalah sel dalam darah yang memungkinkannya menggumpal dan menghentikan pendarahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement