Rabu 06 Apr 2022 13:47 WIB

5 Penyakit Kulit Langka yang Harus Diwaspadai

Lima penyakit kulit langka ini meski jarang terjadi tetap harus diwaspadai.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Lima penyakit kulit langka ini meski jarang terjadi tetap harus diwaspadai.
Foto: www.pxhere.com
Lima penyakit kulit langka ini meski jarang terjadi tetap harus diwaspadai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kulit merupakan organ tubuh manusia terbesar dan salah satu yang paling rumit. Jika dibentangkan, kulit manusia diperkirakan memiliki luas hingga dua meter persegi.

Berbicara soal kulit pada tubuh manusia, ternyata hingga kini ada beberapa kondisi kulit langka yang penyebabnya masih menjadi misteri di kalangan medis. Kondisi ini, meski sangat jarang terjadi, tetap perlu diwaspadai karena bisa sangat mengganggu.

Baca Juga

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyakit kulit langka yang harus diwaspadai seperti dilansir dari Times Now News, Rabu (6/4/2022).

 

1. Morgellons

Kondisi yang menyebabkan lesi kulit dan sensasi merayap pada dan di bawah kulit. Beberapa gejala morgellons adalah gatal, luka pada kulit, kelelahan, dan lainnya. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami kondisi kulit yang langka ini.

 

2. Harlequin Ichthyosis

Kondisi kulit genetik langka ini menyebabkan lapisan kulit terhalangi lapisan tebal berupa sisik. Ini adalah kondisi yang parah karena bisa mendistorsi tampilan, menghalangi pernapasan, dan mempengaruhi kehidupan sehari-hari individu. Bayi yang lahir dengan harlequin ichthyosis membutuhkan perhatian medis segera.

 

3. Elastoderma

Kondisi yang ditandai dengan peningkatan kelemahan kulit, yang mengakibatkan kulit sangat kendur dan berkerut dikenal sebagai elastoderma. Beberapa gejala dari kondisi ini adalah kerutan kulit, papula, eksim, dan lainnya. Penyebab pasti dari kondisi ini masih belum diketahui tetapi para ahli percaya bahwa itu ada hubungannya dengan kelebihan produksi protein elastin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement