Jumat 01 Apr 2022 20:02 WIB

Selama Ramadhan,  Film Pesantren Roadshow ke 10 Pesantren di Pulau Jawa

Pemutaran film di 10 Pesantren ini akan menjadi kegiatan pertama di Indonesia

FIlm Pesantren
Foto:

Sebelum tayang di bioskop Tanah Air, para santri di 10 Pondok Pesantren di Jawa mendapat kesempatan untuk menyaksikan terlebih dahuluFilm Pesantren yang menggambarkan kehidupan mereka selama di pondok. 

Berlokasi di Pesantren Kebon Jambu di Cirebon dengan 1800 santri, Film Pesantren bercerita tentang 2 guru dan 2 santri. Berbeda dengan pesantren kebanyakan, pesantren ini diasuh oleh seorang perempuan ‘alimah bernama Ibu Nyai Masriyah Amva yang mempraktekkan ajaran-ajaran agama dengan pendekatan yang santai dan damai.

Melalui film ini penonton disuguhkan hal- hal yang sering dipertentangkan dalam masyarakat; keberagaman, hak asasi manusia, kepemimpinan perempuan, musik dan perlunya humor dalam menyebarkan ajaran Islam. Sejak islamofobia menjadi sentimen global, pandangan negatif tentang pesantren ikut menyebar luas. 

Film ini akan menceritakan sebaliknya, dimana pesantren justru tempat kita mengajarkan anak-anak membuka pikiran terhadap perkembangan zaman, kemajuan teknologi, namun sekaligus meneguhkan keyakinan terhadap kebenaran agama.

Shalahuddin Siregar, Sutradara dan Produser, mengatakan dia membuat film ini karena terganggu dengan stigma negatif yang diberikan pada Pesantren sebagai tempat yang kolot dan tidak berkembang, bahkan tempat teroris diajarkan. Dia membuat film ini untuk publik agar mengenal lebih dalam mengenai kehidupan di dalam Pesantren berjalan sehari-hari.

“Harus disaksikan cerita dalam film ini. Agar kita lebih dalam lagi mengenal kehidupan di Pesantren dalam kegiatan sehari-harinya. Ramadhan ini kita putar di 10 Pesantren yang sudah kita tentukan bersama,” kata pria yang akrab disapa Udin ini. 

Film diputar pertama kali untuk publik di IDFA (International Documentary Film Festival) di Amsterdam pada November 2019. IDFA adalah festival film dokumenter terbesar dan paling bergensi di dunia. Film ini disambut dengan antusias, terbukti dengan tiket yang terjual habis untuk dua pemutaran pertama. Film ini juga akan diputar serentak di bioskop XXI mulai tanggal 26 Mei 2022 di kota-kota besar dengan layar terbatas.

“Kita bisa belajar banyak dari guru-guru maupun pelajar dalam film ini, apapun kepercayaan atau identitas kita. Buat saya sendiri, film ini membuat saya merasa lebih punya harapan tentang dunia,” kata Sarah Dawson, Juri Program IDFA.

“Film ini berhasil menjungkirbalikkan stigma negatif yang melekat pada Pesantren,” ungkap Savic Ali, Ketua PBNU

Berikut Daftar pemutaran Fil Pesantren di Pondok Pesantren: 

1. Pesantren Al Islamy Kebon Jambu Ciwaringin, Cirebon

2. Pesantren PDF & Ma’Had Aly Walindo Pekalongan

3. Pesantren Al Mas’Udiyyah Bandungan Semarang

4. Pesantren Darussalam Bergas, Semarang

5. Pesantren Aisyiyah Boarding School Batununggal Bandung

6. Pesantren Amanah, Sambongjaya, Tasikmalaya

7. Pesantren Attajdi, Singaparna Tasikmalaya

8. Pesantren Al Furqon Singaparna Tasikmalaya

9. Pesantren Al Furqon, Cibiuk,  Garut

 

10. Pesantren Syamsul Ulum Bandung

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement