Sabtu 02 Apr 2022 05:00 WIB

Masih Batuk Meski Sudah Sembuh Covid-19? Ini Cara Meredakannya

Penyintas Covid-19 kemungkinan akan mengalami batuk untuk beberapa waktu.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Batuk (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk meredakan batuk pada pengidap long Covid.
Foto:

Mengubah posisi tidur menjadi berbaring miring dapat membantu memindahkan dahak dari bagian bawah paru-paru. Metode lain yang dianjurkan ,yaitu memakai inhaler, minum antibiotik, atau steroid yang telah diresepkan, serta minum cukup air.

Ada kondisi yang harus segera dikonsultasikan dengan profesional medis, misalnya apabila pasien kehilangan berat badan secara drastis, batuk darah, dan nyeri dada. Ketika salah satu gejala memburuk, segera pergi ke fasilitas kesehatan.

photo
Penyebab batuk berkepanjangan. - (Republika)

Selain batuk berkepanjangan, gejala umum lain dari long Covid adalah kelelahan ekstrem. Tanda-tanda lain yang mungkin terdeteksi adalah sesak napas, nyeri dada, masalah dengan memori dan konsentrasi, serta kesulitan tidur.

Jantung berdebar, pusing, nyeri sendi, depresi, gangguan kecemasan, dan tinnitus atau sakit telinga juga menjadi tanda. Begitu pula diare, sakit perut, kehilangan nafsu makan, suhu tinggi, sakit kepala, sakit tenggorokan, ruam, dan perubahan indra penciuman atau perasa. Apabila muncul gejala-gejala itu pada empat pekan atau lebih setelah pulih dari Covid-19, segera hubungi dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement