Kamis 28 Mar 2024 19:07 WIB

Cegah Batuk, Dokter Bagikan Resep Ramuan Herbal Habbatussauda

Resep ramuan herbal berguna untuk mencegah batuk dan gangguan pernapasan.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Ramuan herbal Habbatussauda (ilustrasi). Dokter membagikan resep ramuan herbal untuk mencegah batuk dan gangguan pernapasan di tengah musim hujan dan banjir saat Ramadhan.
Foto: Pixabay
Ramuan herbal Habbatussauda (ilustrasi). Dokter membagikan resep ramuan herbal untuk mencegah batuk dan gangguan pernapasan di tengah musim hujan dan banjir saat Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Inggrid Tania membagikan resep ramuan herbal. Resep tersebut dapat berguna di tengah musim hujan dan banjir saat bulan Ramadhan.

Dalam menghadapi musim hujan dan banjir, utamanya saat bulan Ramadhan, sering kali membuat tubuh rentan terhadap gangguan pernafasan seperti batuk, sakit tenggorokan, dan sesak napas. Untuk mengatasi hal ini, ramuan herbal menjadi pilihan yang efektif dan alami.

Baca Juga

“Ramuan herbal itu banyak yang mengandung bahan-bahan yang bersifat imunomodulator atau menyeimbangkan respons imun agar bisa kuat dan optimal dalam menjaga daya tahan tubuh, dan tidak mudah sakit,” kata Inggrid, Kamis (28/3/2024).

Dokter lulusan Universitas Indonesia itu menjelaskan bahwa ramuan herbal tersebut mengandung bahan-bahan yang memiliki sifat imunomodulator, yaitu membantu menyeimbangkan respons imun tubuh, sehingga daya tahan tubuh lebih kuat dalam menghadapi serangan penyakit. Selain itu, ramuan ini juga memiliki sifat antioksidan dan anti peradangan, serta membantu meredakan batuk dengan mengurangi frekuensi batuk dan produksi dahak.

Biasanya, ramuan herbal ini dikonsumsi dua kali sehari untuk tujuan pencegahan. Namun, untuk mengobati gangguan pernafasan yang ringan, konsumsi bisa ditingkatkan menjadi tiga sampai empat kali sehari. Salah satu ramuan herbal yang efektif untuk mencegah batuk dan gangguan pernafasan adalah ramuan dari habbatussauda. Habbatussauda atau jintan hitam telah lama dikenal memiliki beragam manfaat kesehatan, termasuk untuk sistem pernapasan.

Berikut cara membuat ramuan Habbatussauda:

Bahan-bahan:

- 1 gelas (200 ml) air mendidih.

- 1 tea bag (2-3 gram) chamomile kering.

- 1 batang (4 gram) kayu manis.

- 2 butir kembang lawang/pokak.

- 1 sdt (3 - 5 gram) habbatussauda kering bubuk.

- 10 gram jahe iris.

- 1-2 sdt (5 - 10 ml) madu murni.

- 1/2 buah jeruk nipis.

Cara membuat:

- Masak air hingga mendidih dan matikan kompor,

- Masukkan chamomile ke air panas,

- Masukkan jahe, kayu manis, pokak, dan habbatussauda,

- Ratakan seluruh bahan dan aduk-aduk,

- Diamkan 15 menit dalam keadaan tertutup,

- Saring dan tuang ke gelas,

- Berikan madu dan jeruk nipis.

Dalam mengatasi demam, sering kali diperlukan kombinasi antara pengobatan konvensional dan penggunaan ramuan herbal. Salah satu contoh kombinasi yang efektif adalah dengan menggunakan parasetamol bersama dengan ramuan herbal dengan memberikan jeda saat mengonsumsinya.

“Jika dibarengi dengan obat konvensional, misalnya obat penurun demam bisa minum parasetamol dan bila ingin dikombinasi dengan ramuan ini maka diberi jeda selama satu sampai dua jam,” ujar Inggrid.

Inggrid menganjurkan ramuan tersebut diminum sebelum makan untuk meningkatkan efektivitasnya. Namun, bagi yang mengalami gangguan lambung seperti nyeri ulu hati, ramuan herbal ini dapat dikonsumsi setelah makan untuk mengurangi risiko iritasi lambung.

Ramuan herbal tersebut memiliki rasa yang enak meskipun terdiri atas bubuk habbatussauda kering. Kombinasi bahan-bahan seperti kayu manis, kembang lawang, jahe, kemukus, dan jeruk nipis memberikan cita rasa yang segar.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement