Rabu 23 Mar 2022 12:05 WIB

Gejala Kanker Usus: Perut Terasa tak Nyaman Setelah Makan, Periksakan Jika 3 Pekan Menetap

Gejala kanker usus bisa terasa setelah makan, sensasinya bertahan berminggu-minggu.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (Ilustrasi). Mengalami ketidaknyamanan, terutama setelah makan, dapat menjadi gejala kanker usus.
Foto:

Kanker kolon bisa menyebabkan penurunan berat badan yang ekstrem karena sel kanker bisa menyabotase energi tubuh saat mereka terus berkembang biak. Tumor bisa menghalangi usus besar atau saluran usus yang mencegah penyerapan nutrisi sehingga menyebabkan penurunan berat badan.

Kanker usus dulu dianggap sebagai penyakit untuk orang tua, tetapi sekarang banyak kelompok dewasa muda yang didiagnosis setiap tahun. Kabar baiknya, jenis kanker ini cukup dapat dicegah melalui alat skrining rutin.

Berbicara soal faktor risiko, NHS mengatakan bahwa merokok dan obesitas dapat meningkatkan peluang terkena kanker usus. Beberapa orang juga memiliki peningkatan risiko kanker usus karena mengidap kondisi lain, seperti kolitis ulseratif (radang usus kronis) yang luas atau penyakit Crohn di usus besar selama lebih dari 10 tahun.

Menurut Cancer Research UK, faktor risiko terbesar terkait kanker usus adalah obesitas. Diperkirakan 11 dari 100 kasus kanker usus (11 persen) di Inggris terkait dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement