Selasa 22 Mar 2022 11:37 WIB

Makanan Apa yang Harus Disantap dan Dihindari untuk Cegah Bau Mulut?

Selain karena faktor kebersihan gigi, bau mulut juga bisa timbul akibat makanan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Memakai mouthspray untuk mencegah bau mulut (Ilustrasi). Bau mulut bisa terjadi karena makanan yang dikonsumsi.
Foto: Republika/Wihdan
Memakai mouthspray untuk mencegah bau mulut (Ilustrasi). Bau mulut bisa terjadi karena makanan yang dikonsumsi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Napas adalah bagian intrinsik dari kebersihan diri yang juga bisa menjadi pertanda berbagai masalah kesehatan. Meski begitu, konsumsi makanan tertentu juga bisa menyebabkan bau mulut atau halitosis.

Ahli gizi sekaligus pendiri aplikasi kebugaran Fitelo, Mac Singh, mengatakan bahwa makanan merupakan faktor terbesar dari bau mulut, selain kebersihan gigi. Hanya saja, masih banyak orang yang sadar bahwa makanan populer juga bisa memicu bau mulut.

Baca Juga

Singh mengungkapkan ada sejumlah makanan bisa menyebabkan bau mulut. Berikut daftarnya, seperti dilansir Indian Express, Selasa (22/3/2022).

1. Bawang merah dan putih

 

Bawang merah dan putih memiliki jumlah sulfur yang tinggi, sehingga bisa menyebabkan efek yang tidak diinginkan segera setelah dikonsumsi. Sulfur diserap ke dalam aliran darah tubuh dan dilepaskan saat kita mengembuskan napas, dan menyebabkan bau mulut.

2. Keju

Keju mengandung asam amino yang bisa berinteraksi dengan bakteri alami di mulut untuk menghasilkan sulfur. Dalam reaksi terakhir, hidrogen sulfida bisa diproduksi, yang diketahui memiliki bau yang sangat tidak menyenangkan.

3. Kopi dan alkohol

Kopi dan alkohol cenderung membuat mulut dehidrasi, memungkinkan bakteri berbau busuk tumbuh. Karena alkohol tetap berada di aliran darah tubuh untuk waktu yang lama, efek halitosis mungkin bisa bertahan lebih lama.

4. Tinggi kadar gula

Makanan dengan kadar gula tinggi bisa menyebabkan bau mulut. Ini mengarah pada peningkatan tingkat ragi candida di mulut. Peningkatan konsumsi gula dapat diidentifikasi dengan adanya bercak putih pada lidah, yang merupakan tanda bahwa seseorang mungkin perlu memperhatikan pola makan dan kebersihan mulutnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement