Senin 21 Mar 2022 20:31 WIB

Makanan Pemicu Perut Kembung

Kembung setelah makan terjadi karena ada gas yang terbentuk di dalam tubuh.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Mengonsumsi minuman bersoda bisa menyebabkan kembung.
Foto: Youtube
Mengonsumsi minuman bersoda bisa menyebabkan kembung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan kembung di perut. Dilansir dari Health Clevel and Clinic pada Senin (21/3/2022), beberapa makanan cenderung bertahan lebih lama dari yang seharusnya di usus.

Di usus, makanan ini berfermentasi sehingga Anda mengalami kembung. Perasaan kembung yang Anda dapatkan setelah makan makanan tertentu pada dasarnya adalah gas yang terbentuk secara internal.  

Baca Juga

Berikut lima makanan yang bisa membuat perut kembung:

Kacang Polong 

Tidak mengherankan jika melihat kacang di atas daftar makanan penyebab kembung. Banyak jenis kacang kaya serat yang dikemas dengan karbohidrat. Pada akhirnya, proses itu mengarah pada fermentasi dan banyak gas yang diketahui kadang-kadang terlepas selama pencernaan.

Produk Susu

Tahukah Anda bahwa tiga dari empat orang akhirnya kehilangan kemampuan untuk mencerna laktosa, karbohidrat utama dalam produk susu? Intoleransi laktosa dapat menyebabkan kembung dan masalah pencernaan lainnya yang cukup signifikan.

Daftar makanan terlarang akan mencakup produk susu seperti susu, mentega, keju, es krim, yogurt dan banyak lagi.

Minuman Berkarbonasi

Menenggak minuman bersoda membuat banyak gas di perut sehingga Anda merasa kembung.

Sayuran Silangan 

Produk-produk yang mengandung vitamin ini, bagian dari keluarga kubis, bisa jadi keras di perut. Beberapa jenis sayuran silangan termasuk brokoli, kubis Brussel, kembang kol, dan lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement