Jumat 18 Mar 2022 12:35 WIB

Insomnia Dapat Memburuk Sejalan Usia, Mayoritas Penderita Punya Gangguan Suasana Hati

Insomnia termasuk gangguan tidur yang bisa dicegah dan diatasi.

Insomnia bisa memburuk seiring bertambahnya usia. Sekitar 10-15 persen perempuan yang telah menopause mengalami insomnia.
Foto:

Solusi insomnia

Seseorang yang mengalami insomnia harus menjalani Terapi Perilaku Kognitif (CBT) tanpa atau bersamaan dengan penggunaan obat tidur. Cobalah mengubah pola tidur agar insomnia dapat diatasi.

Satu jam sebelum tidur, bersantailah dengan cara membaca buku atau mandi air hangat. Pastikan kamar gelap dan senyap, tutup gorden atau pakai penutup mata dan penutup telinga bila diperlukan.

Sempatkan diri untuk olahraga teratur setiap hari, serta pastikan kasur, bantal dan seprai betul-betul nyaman. Anda sebaiknya tidak merokok, minum alkohol, teh dan kopi setidaknya enam jam sebelum tidur.

Tidak dianjurkan juga untuk makan besar pada malam hari, berolahraga dalam waktu yang berdekatan dengan jam tidur, menonton televisi atau gawai yang memancarkan cahaya terang. Semakin lama insomnia dibiarkan, semakin sulit mengontrol gangguan tersebut.

Insomnia disebut kronis bila berlangsung lebih dari tiga bulan. Periksakan diri ke dokter bila insomnia tak kunjung teratasi dan berdampak negatif terhadap kehidupan sehari-hari.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement