Senin 14 Mar 2022 18:45 WIB

Idap Diabetes Tipe 2, Tom Hanks Sesali Gaya Hidupnya yang tidak Sehat

Tom Hanks mengaku mengidap diabetes tipe 2.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Tom Hanks mengaku didiagnosis diabetes tipe 2 pada 2013. Dia menyebut, gaya hidupnya yang tidak sehat menjadi salah satu pemicu.
Foto:

Tetapi seperti yang juga ditunjukkan oleh Hanks, ini akan membutuhkan banyak kerja keras tetapi dapat secara signifikan mengurangi risiko terkena penyakit serius. Remisi hilangnya penyakit didefinisikan sangat spesifik oleh NHS.

Menurut NHS, remisi bisa terjadi ketika kadar HbA1c, dengan kata lain jumlah sel darah dengan molekul gula yang melekat padanya, mencapai kurang dari 48mmol/mol pada dua kesempatan, setidaknya lima bulan terpisah. Pengidap diabetes yang mengalaminya bisa tidak minum obat lagi.

"Menurunkan berat badan sekitar 15 kilogram dalam tiga hingga lima bulan secara signifikan dapat meningkatkan peluang untuk sembuh," papar NHS.

Hanya saja, penting untuk melakukan ini dengan aman dan cepat. Bicarakan dengan dokter sebelum mulai diet. Penurunan berat badan yang cepat memiliki banyak risiko fisik yang serius, termasuk timbulnya batu empedu.

Menurut Diabetes UK, salah satu cara paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah melalui program penurunan berat badan rendah kalori, sekitar 850 kalori per hari. Menyadari gejala di awal juga penting. Diabetes UK mencantumkan hal-hal berikut sebagai gejala umum:

- Sering ke toilet, terutama di malam hari.

- Sering haus.

- Merasa lebih lelah dari biasanya.

- Menurunnya berat badan tanpa usaha.

- Gatal atau sariawan pada alat kelamin.

- Luka dan membutuhkan waktu lama untuk sembuh.

- Penglihatan kabur.

- Meningkatnya rasa lapar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement