Selasa 15 Mar 2022 00:22 WIB

Tujuh Manfaat Tidur Miring Bagi Kesehatan

Bagi yang sering mendengkur, sedang hamil, atau sinus kambuh, cobalah tidur miring.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Tidur miring (ilustrasi).
Foto:

- Menjaga kehamilan

Bagi ibu hamil, tidur menyamping terasa lebih nyaman sekaligus membantu menghindari tekanan pada punggung. Disarankan miring ke arah kiri guna meningkatkan sirkulasi darah ke jantung untuk ibu dan bayi.

- Mengoptimalkan fungsi otak

Menurut ahli, tidur miring bisa membantu membersihkan racun dari otak karena membuat sistem limfatik bekerja lebih baik. Sistem limfatik adalah sistem yang membersihkan limbah di otak.

Pengaturan itu melibatkan kelenjar getah bening, juga dapat membantu mengirimkan senyawa seperti glukosa, lipid, asam amino, dan neurotransmiter. Keterkaitan antara tidur miring dan sistem limfatik telah dibuktikan lewat studi.

Penelitian digagas pada 2015 oleh tim dari Stony Brook University dan University of Rochester di New York, Amerika Serikat. Tim menyelidiki spekulasi bahwa posisi tidur dapat mempengaruhi efektivitas sistem limfatik.

Studi membuktikan hipotesis bahwa tidur menyamping membuat sistem imfatik bekerja lebih efisien ketimbang berbaring telentang atau tengkurap. Menurut peneliti, ini merupakan alasan tidur miring menjadi posisi tidur populer.

Menurut laporan Harvard, jika tidur miring, lebih baik menggunakan bantal yang lebih tinggi di bawah leher daripada kepala. Hal itu bertujuan agar leher sejajar dengan kepala dan meredakan ketegangan pada area tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement