Kamis 10 Mar 2022 23:36 WIB

Pemberian Vaksin Covid-19 Lansia dan Dewasa, Apa Ada Bedanya?

Respons imun lansia yang terbentuk dari vaksin Covid-19 kemungkinan lebih rendah.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas medis menyuntikkan vaksin Covid-19 Sinovac kepada warga lanjut usia (lansia) di Alun-alun Bekasi, Jawa Barat, Rabu (23/2/2022). Baik dosis maupun efek samping pascavaksinasi pada lansia secara umum sama seperti pada orang yang berusia lebih muda.
Foto:

Manfaat vaksin Covid-19 bagi lansia

Dalam kesempatan yang sama, dokter spesialis penyakit dalam-konsultan geriatri Kuntjoro Harimurti mengungkap, ada beberapa manfaat yang bisa didapat kelompok lanjut usia (lansia) ketika mereka mendapatkan vaksin Covid-19. Ia mengatakan, manfaat itu bisa dilihat dari program vaksin Covid-19 sudah berjalan setahun lebih.

Pihaknya mengumpulkan bukti dan sudah melaporkan bahwa kelompok lansia yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 ternyata lebih sedikit yang terinfeksi virus SARS-CoV-2. Di samping itu, jumlah lansia yang sudah divaksinasi kemudian masuk ke rumah sakit akibat Covid-19 juga lebih sedikit.

"Tak hanya itu, jumlah lansia yang sudah divaksinasi namun harus mendapatkan perawatan intensif, bahkan yang meninggal dunia, juga lebih sedikit (berkat vaksinasi)," ujar Kuntjoro.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement