Senin 07 Mar 2022 17:04 WIB

Gejala Umum Kanker Esofagus: Makanan Terasa Menyangkut di Tenggorokan

Beberapa pasien mengeluhkan gejala makanan terasa menyangkut di tenggorokan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Dave Mustaine, vokalis Megadeth, telah sembuh dari kanker tenggorokan. Kanker yang juga dikenal sebagai kanker esofagus ini kerap membuat orang merasa seperti ada yang menyangkut di tenggorokannya.
Foto:

Kanker esofagus jarang terjadi di Inggris, namun, selama periode 20 tahun atau lebih jumlah kasus yang didiagnosis setiap tahun telah meningkat. Sekitar 8.200 orang mengembangkan kanker esofagus setiap tahun di Inggris.

Gejala lain yang perlu diperhatikan antara lain kesulitan menelan, terasa nyeri di dada, penurunan berat badan, muntah darah, batuk, suara serak, dan refluks asam.

Sementara itu, menurut Johns Hopkins Medicine, masalah pencernaan sering kali merupakan tanda pertama kanker esofagus. Karena itu, ahli gastroenterology umumnya menjadi dokter pertama yang mencurigai keberadaan kanker esofagus.

"Ahli gastroenterologi kami bekerja sama dengan spesialis kanker esofagus untuk memastikan bahwa Anda menerima evaluasi diagnostik yang menyeluruh," kata pernyataan dari John Hopkins Medicine seperti dilansir dari Express.co.uk, Senin (7/3/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement