Rabu 02 Mar 2022 14:42 WIB

Punya Kewarganegaraan Rusia, Apa Kata Steven Seagal Soal Serangan ke Ukraina?

Aktor Under Siege, Steven Seagal, terkenal dekat dengan Presiden Rusia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) bertemu dengan aktor AS Steven Seagal (kanan) di Kremlin di Moskow, Rusia, 25 November 2016. Presiden Rusia menyerahkan paspor Rusia kepada Seagal dan mengucapkan selamat kepadanya karena menerima kewarganegaraan Rusia. Aktor Under Siege itu berharap Rusia dan Ukraina dapat mencapai kesepakatan damai.
Foto:

Pada 2021, Seagal secara resmi dilantik menjadi anggota partai politik pro-Putin, A Just Russia-Patriots-For Truth melalui sebuah upacara khusus. Dia kemudian diberikan kewarganegaraan Rusia pada 2016.

Seagal sebelumnya pernah membela Rusia atas pencaplokan Krimea pada 2014. Aktor berusia 69 tahun itu menyebut Putin sebagai salah satu pemimpin terbaik dunia.

Beberapa bulan setelah mendapat kewarganegaraan Rusia dan memperoleh paspor Rusia yang diserahkan secara pribadi oleh Putin, Ukraina menganggap Seagal sebagai ancaman bagi keamanan nasional. Ukraina melarang aktor Hard to Kill dari negara tetangga Rusia itu selama lima tahun.

Kewarganegaraan Seagal seharusnya menjadi tanda peningkatan hubungan antara AS dan Rusia. Seagal pernah berlatih seni bela diri dan menghadiri beberapa acara bersama Putin selama kunjungannya ke Rusia.

Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina pekan lalu, mendatangkan malapetaka di seluruh negara Eropa Timur. Sementara jumlah korban tewas yang pasti tidak jelas, ratusan warga sipil dilaporkan tewas, termasuk sedikitnya 16 anak-anak. Ratusan ribu perempuan dan anak telah mengungsi ke negara-negara tetangga, menyebabkan krisis pengungsi besar-besaran di Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement