Rabu 02 Mar 2022 09:49 WIB

Durasi The Batman Dikritik karena Terlalu Panjang, Ini Respons Sutradara

The Batman memiliki durasi terpanjang dari semua film solo Batman.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Film The Batman memiliki durasi hampir tiga jam. Sang sutradara pun memberikan responsnya atas kritik yang datang karena panjangnya durasi tersebut. (ilustrasi)
Foto: EPA
Film The Batman memiliki durasi hampir tiga jam. Sang sutradara pun memberikan responsnya atas kritik yang datang karena panjangnya durasi tersebut. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Dengan durasi hampir tiga jam, film The Batman mendapat berbagai kritik karena dianggap terlalu lama. Ada yang menganggap itu tidak masalah, ada yang menganggap itu terlalu lama sehingga perlu jeda sebentar untuk menonton sampai habis.

“Kami benar-benar membutuhkan jeda dalam film selama ini. Tidak hanya memotong film di tengah jalan, tetapi juga bagian logis untuk istirahat,” ujar salah seorang pengguna Reddit, blitzbom, seperti dilansir di Looper, Rabu (2/3/2022). 

Baca Juga

Sementara film yang durasinya lebih panjang telah menjadi hal biasa di bioskop modern. Film No Time to Die berlangsung selama dua jam 45 menit, lalu House of Gucci, dan The Last Duel juga diputar dua jam 30 menit. Tapi apakah itu tidak masalah untuk film adaptasi komik?

Dengan durasi saat ini, The Batman adalah yang terpanjang dari semua film solo Batman. Terlebih lagi, ini akan menjadi film komik terpanjang kedua, setelah Avengers: Endgame. Namun, Reeves menganggap itu bukan menjadi masalah.

 

Dua jam 55 menit adalah waktu yang lama untuk menghabiskan soda dan popcorn. Namun, baik The Dark Knight dan The Dark Knight Rises oleh Christopher Nolan, berlangsung lebih dari dua setengah jam.

“Begitu kalian melihat filmnya, saya pikir durasi tidak lagi menjadi masalah,” ujar Reeves dalam sebuah wawancara dengan The New York Times

Dia percaya bahwa filmnya akan melakukan hal yang sama, saat ia mengatasi kekhawatiran kritikus dan penggemar dengan durasi yang lama. “Ini mendalam, membawa penonton bersama, dan itu membuat penonton asyik lebih asyik. Film ini sebenarnya bisa lebih lama durasinya,” ujarnya lagi. Tidak sulit untuk melihat bagaimana film ini bisa melampaui batas tiga jam.

Sementara Matt Reeves mengatakan dia tidak memiliki rencana untuk membawa Superman ke alam semesta Batman saat ini, film itu telah mengonfirmasi kehadiran empat penjahat. Dengan Oswald Cobblepot/Penguin (Colin Ferrell), The Riddler (Paul Dano), dan Selina Kyle/Catwoman (Zoe Kravitz) sebagai antagonis utama, John Turturro akan tampil sebagai bos mafia Carmine Falcone juga.

Dalam percakapan dengan Forbes, Reeves berbicara mengenai potensi untuk meluncurkan trilogi film. Dia memberikan gambaran tentang jenis alur cerita yang ingin dia kerjakan, seperti The Long Halloween. Iterasi terakhir dari alur cerita itu adalah film animasi untuk HBO Max. Alur cerita itu juga cukup panjang untuk dipecah menjadi dua bagian.

Batman memiliki sejarah alur cerita yang panjang dan kaya, serta penjahat yang cocok untuk penceritaan bentuk panjang. Matt Reeves tidak diragukan lagi telah membuktikan dirinya mampu menarik perhatian penonton dengan bercerita di masa lalu, tetapi masih harus dilihat apakah dia akan mampu melakukan hal yang sama dengan The Batman.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement