Selasa 01 Mar 2022 01:03 WIB

Demi Tidur Malam Lebih Baik, 9 Tips Lawan Insomnia Ini Bisa Dicoba

Insomnia telah menjadi masalah yang jamak dialami selama pandemi Covid-19.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Susah tidur (Ilustrasi). Sejak pandemi melanda, banyak orang yang mengalami susah tidur.
Foto:

4. Teratur

Menyederhanakan waktu tidur, waktu bangun, dan bahkan waktu makan dan olahraga setiap hari, serta mengikuti jadwal teratur membantu jam biologis kita bekerja lebih baik. Pada akhir pekan, waktu tidur dan bangun harus sama selama sepekan. Pastikan untuk pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama dalam sepekan.

5. Tidak lapar, tidak kenyang

"Untuk tidur yang baik, jangan perlu pergi tidur dalam keadaan lapar dan hindari makanan berat sebelum tidur. Sangat bermanfaat untuk tidur setidaknya dua hingga tiga jam setelah makan. Penelitian telah melaporkan bahwa L-triptofan, ditemukan dalam produk susu, dapat berkontribusi untuk tidur," kata Yalçınkaya.

6. Hati-hati dengan tidur siang

Meskipun tidur jangka pendek di sore hari bermanfaat bagi kesehatan secara umum, lamanya waktu orang dengan insomnia tidur di siang hari berdampak negatif pada tidur malam mereka. Jika merasa perlu tidur di siang hari, Anda bisa tidur sebentar sebelum pukul dua siang.

7. Jangan abaikan pengobatan penyakit

Selain stres, kecemasan dan faktor lingkungan, serta banyak penyakit seperti penyakit saraf, hipertensi, refluks, penyakit rematik dan fibromyalgia dapat memicu insomnia. Waspadai penyakit ini. Penting juga memulai pengobatan yang dianggap perlu oleh dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement