Ahad 27 Feb 2022 23:15 WIB

5 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Mata

Meningkatnya penggunaan ponsel juga meningkatkan gangguan kesehatan mata.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Bayam (ilustrasi). Bayam merupakan salah satu makanan yang membantu menjaga kesehatan mata.
Foto: PxHere
Bayam (ilustrasi). Bayam merupakan salah satu makanan yang membantu menjaga kesehatan mata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesehatan mata sangat penting. Terdapat beberapa makanan kaya nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata Anda. 

Dilansir dari Food NDTV pada Jumat (25/2/2022), kesehatan mata yang buruk telah lama menjadi perhatian serius di seluruh dunia.  Meningkatnya penggunaan ponsel, televisi, dan elektronik meningkatkan gangguan kesehatan mata.

Baca Juga

Gangguan penglihatan telah berkembang sebagai masalah yang meluas. Masalah terkait mata lainnya, seperti mata kering, katarak, degenerasi makula dan lainnya juga sedang meningkat.  

Berikut lima makanan yang dapat meningkatkan kesehatan mata yaitu :

1. Wortel 

Wortel adalah salah satu sumber vitamin A terbaik. Satu wortel bisa menyediakan lebih dari 200 persen nilai vitamin A harian Anda serta mineral penting lainnya seperti vitamin B, K, dan C serta serat dan magnesium.

2. Jeruk 

Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi, zat yang dikenal karena kualitasnya yang meningkatkan kekebalan tubuh.  Jeruk bersama dengan makanan kaya vitamin C lainnya, bermanfaat untuk kesehatan mata dan membantu pengobatan kondisi peradangan mata.

3. Amla

Amla yang tinggi vitamin C, sangat bermanfaat bagi kesehatan umum Anda.  Amla integritas jaringan ikat dan kesehatan pembuluh darah karenanya mengurangi gangguan retina.

4. Bayam 

Bayam, sayuran hijau musim dingin yang populer, mengandung cukup asam folat untuk mencegah degenerasi saraf optik.  Akibatnya para ahli sering merekomendasikan untuk memasukkan bayam ke dalam makanan rutin untuk kesehatan mata.

5. Ubi Jalar 

Ubi jalar kaya akan vitamin A dan beta-karoten, yang keduanya penting untuk kesehatan mata.  Sementara beta-karoten meningkatkan penglihatan, vitamin A terbukti mengurangi gejala mata kering.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement