Selasa 10 Oct 2023 08:20 WIB

12 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata, Nomor 4 Mengejutkan

Menjaga kesehatan mata berarti menjaganya tetap terhidrasi.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
senyawa yang ditemukan dalam brokoli, dapat membantu menghilangkan racun dari retina.
Foto: Youtube
senyawa yang ditemukan dalam brokoli, dapat membantu menghilangkan racun dari retina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jika kita belum pernah mengalami banyak masalah mata, sering kali kita menganggap remeh indera penglihatan. Sebenarnya, merawat mata ini tidak sulit, cukup dengan memasukkan beberapa makanan untuk kesehatan mata.

Dengan kata lain, jika ingin meningkatkan peluang penglihatan jelas seumur hidup, sebaiknya pilih makanan yang baik untuk kesehatan mata. Melansir CNet,  berikut ini adalah 12 makanan yang baik untuk kesehatan mata.

Baca Juga

 

1. Brokoli 

 

Sebuah studi yang dipromosikan oleh American Optometric Association menemukan bahwa indole-3-carbinol, senyawa yang ditemukan dalam brokoli, dapat membantu menghilangkan racun dari retina.

Hal itu mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia, salah satu penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa lanjut usia. Brokoli juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang juga melindungi mata.

 

2. Ikan Salmon

Menjaga kesehatan mata berarti menjaganya tetap terhidrasi. Beberapa makanan terbaik untuk kesehatan mata bisa bermanfaat. Ikan salmon misalnya, mengandung asam lemak omega-3. Hal ini membantu mengurangi risiko mata kering, suatu kondisi tidak nyaman yang semakin umum terjadi seiring bertambahnya usia.

 

3. Wortel

Kita mungkin pernah mendengar ini sebelumnya, bahwa wortel adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mata. Sebagai permulaan, buah ini mengandung banyak beta-karoten, antioksidan yang digunakan tubuh untuk membuat vitamin A. 

Vitamin A membantu kita melihat di malam hari dan melindungi dari miopia (rabun jauh). Ditambah lagi, wortel juga mengandung lutein, antioksidan lainnya. Yang ini dapat membantu kita menurunkan risiko AMD.

 

4. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari adalah salah satu makanan terbaik untuk penglihatan. Ini memiliki banyak vitamin E, antioksidan yang melindungi mata kita dari stres oksidatif. Vitamin E juga membantu melawan sinar UV matahari yang merusak, sehingga mengurangi risiko katarak.

 

5. Kiwi

Mencari cara untuk melawan potensi kerusakan mata akibat sinar matahari? Beralih ke kiwi. Buah berbulu halus ini masuk dalam daftar makanan terbaik untuk kesehatan mata karena mengandung lutein, antioksidan pelawan AMD, ditambah zeaxanthin, yang membantu mata menyaring cahaya.

 

6. Tiram

Meskipun banyak makanan lain yang baik untuk kesehatan mata, makanan yang satu ini mungkin terasa seperti sebuah tantangan. Tiram tidak hanya mengandung asam lemak omega-3, tetapi juga tinggi zinc. Ini memberi kita nutrisi ampuh lainnya jika mencoba melawan AMD.

 

7. Bayam

Ambil satu halaman dari buku Popeye dan makan bayam. Sebagai sumber nutrisi lengkap, daun hijau ini juga merupakan salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mata. Ia mengandung banyak lutein, yang tercatat sebagai komponen kunci kesehatan mata. Dan bayam juga mengandung zeaxanthin.

 

8. Telur

Telur menyediakan hampir semua yang dibutuhkan mata, mulai dari lutein dan zeaxanthin hingga zinc dan vitamin A. Faktanya, sebuah penelitian pada 2019 menyimpulkan bahwa makan telur dalam jumlah sedang (sekitar dua hingga empat butir telur per pekan) secara teratur dapat mengurangi kolesterol secara signifikan, dan risiko AMD.

 

9. Almond

Almond dan kacang-kacangan lainnya mengandung vitamin E tingkat tinggi, antioksidan yang melawan AMD dan katarak. Sekali lagi, tubuh tidak dapat membuat vitamin ini sendiri. Selain itu, ini adalah salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan mata tanpa perlu diolah.

 

10. Yogurt

Produk susu mengandung vitamin A dan zinc, dua nutrisi sebagai kunci kesehatan mata. Namun jika kita benar-benar ingin memilih makanan terbaik untuk penglihatan, pilihlah variasi yang dibudidayakan saat memilih produk susu. 

 

11. Jeruk

Jeruk mengandung beta-karoten, berperan dalam vitamin A, dan vitamin A penting bagi mata. Beta-karoten umumnya cukup mudah dicermati karena satu alasan utama, antioksidan membuat makanan berwarna oranye. Jadi percaya lah bahwa jeruk memiliki jumlah nutrisi yang baik, sehingga menjadikannya sebagai salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan penglihatan.

 

12. Stroberi

Jeruk mendapat banyak pujian karena kandungan vitamin C-nya, tetapi stroberi sebenarnya mengandung lebih banyak vitamin C. Dan karena vitamin C memberikan manfaat dalam mencegah kehilangan penglihatan secara keseluruhan, katarak dan AMD, buah beri ini layak untuk melengkapi kumpulan makanan terbaik untuk kesehatan mata.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement