Kamis 17 Feb 2022 13:43 WIB

Lari Mundur Bakar Kalori Lebih Banyak, Apa Lagi Manfaatnya?

Berlari mundur membutuhkan energi yang lebih banyak dibandingkan berlari ke depan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Olahraga lari (Ilustrasi). Berlari mundur membakar kalori lebih banyak dan menghasilkan aktivitas otot lebih besar serta fungsi jantung dan paru-paru yang lebih baik.
Foto:

Ada juga manfaat untuk memperbaiki postur karena berlari ke belakang mengharuskan untuk berlari dalam posisi yang lebih tegak dan melibatkan banyak koordinasi maupun keseimbangan. Berlari mundur bisa menjadi bentuk rehabilitasi yang bagus dan juga mengurangi risiko cedera.

"Ketika berlari ke belakang, Anda menyentuh tanah dengan sedikit kekuatan yang mengurangi tekanan pada lutut Anda," jelas Fiona.

Tentu saja, menghadap ke arah yang berlawanan dengan arah berlari akan memiliki masalah. Fiona memperingatkan untuk menghindari cedera dan kecelakaan dengan mempertimbangkan beberapa faktor sebelum memulai aktivitas lari mundur.

Mulailah dengan menemukan permukaan yang cocok atau trek lari yang bagus. Hindari permukaan yang tidak rata dan tidak terlalu ramai.

"Untuk menyempurnakan teknik Anda, mulailah dengan berjalan mundur untuk mendapatkan langkah Anda, lalu jaga agar tubuh Anda tetap tegak dengan bahu di atas kaki Anda, dan lengan Anda dekat dan rendah ke tubuh Anda," kata Fiona.

Saat berlari, dorong kaki lalu mundur, tetapi tanpa mengangkat kaki terlalu jauh dari tanah. Berhenti dengan pelan dan pertahankan inti kaki tetap bergerak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement