Selasa 15 Feb 2022 12:50 WIB

Diet Terbaik untuk Tekan Risiko Penyakit Jantung

Risiko penyakit jantung dapat ditekan dengan mengubah pola diet.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Diet sehat dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan menghentikan kenaikan berat badan, mengurangi risiko diabetes, dan tekanan darah tinggi.
Foto:

Meskipun demikian, lembaga itu mengatakan tidak ada kata terlambat untuk mendapat manfaat dari berhenti merokok. Rata-rata, pria akan menambah harapan hidupnya hingga 10 tahun jika mereka berhenti merokok pada usia 30 tahun. Banyak orang juga akan menambah harapan hidup hingga tiga tahun jika mereka berhenti pada usia 60 tahun.

"Siapapun yang tidak merokok juga dapat meningkatkan peluang untuk lebih aktif secara fisik dan lebih sehat seiring bertambahnya usia," kata mereka.

photo
Infografis Diet untuk Jantung Sehat - (republika.co.id)

Tanda-tanda penyakit jantung adalah termasuk nyeri dada, sesak dada, tekanan dada, dan ketidaknyamanan dada. Mayo Clinic menyerukan untuk selalu menghubungi bantuan medis darurat jika merasa tubuh mungkin mengalami serangan jantung.

"Penyakit jantung lebih mudah diobati jika terdeteksi sejak dini, jadi bicarakan dengan dokter tentang kekhawatiran kita mengenai kesehatan jantung kita. Jika kita merasa menderita penyakit jantung, berdasarkan tanda atau gejala baru yang dialami, segeralah ke dokter," kata Mayo Clinic.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement