Sabtu 12 Feb 2022 02:12 WIB

8 Makanan Sehat yang akan Membantu Kelola Gula Darah

Makanan dengan kadar glikemik rendah baik untuk mengelola gula darah.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Oatmeal. Oatmeal bisa menjadi pilihan makanan untuk membantu mengelola gula darah.
Foto:

 

Bayam

Sayuran berdaun hijau ini hanya memiliki 21 kalori per cangkir yang dimasak dan diisi dengan magnesium dan serat yang ramah gula darah.  Selain itu, Anda dapat menikmati bayam mentah dan ditumis dengan minyak zaitun.

Biji Chia 

Dalam sebuah penelitian, penderita diabetes yang menambahkan sekitar satu ons biji chia ke dalam diet yang dikontrol kalori selama enam bulan menurunkan empat pon dan memangkas satu setengah inci dari lingkar pinggang mereka.  Selain dikemas dengan serat, chia ini juga mengandung protein dan menyediakan 18 persen dari asupan kalsium harian yang direkomendasikan.

Bluberry

Blueberry mengandung senyawa yang telah terbukti membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan cara tubuh menggunakan insulin.  Satu studi menunjukkan bahwa makan setara dengan sekitar 2 cangkir blueberry setiap hari meningkatkan sensitivitas insulin pada orang yang kelebihan berat badan dengan resistensi insulin. Bluberry juga sumber serat dan nutrisi lain seperti vitamin C dan antioksidan

Oatmeal 

Oatmeal tidak hanya baik untuk jantung Anda, tetapi juga bermanfaat bagi gula darah Anda. Perlu diingat, oat instan dan cepat yang diproses cenderung lebih tinggi pada indeks glikemik, sehingga tidak ramah gula darah.

Kunyit

 

Bumbu ini mengandung kurkumin, zat yang membantu menjaga kesehatan pankreas dan mencegah pradiabetes berubah menjadi diabetes tipe 2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement