Sabtu 12 Feb 2022 02:12 WIB

8 Makanan Sehat yang akan Membantu Kelola Gula Darah

Makanan dengan kadar glikemik rendah baik untuk mengelola gula darah.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Oatmeal. Oatmeal bisa menjadi pilihan makanan untuk membantu mengelola gula darah.
Foto: pixabay
Oatmeal. Oatmeal bisa menjadi pilihan makanan untuk membantu mengelola gula darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Orang dengan pradiabetes atau diabetes harus sangat berhati-hati dengan kebiasaan makan mereka. Terkadang sulit untuk memastikan makanan dan minuman mana yang menjadi pilihan terbaik.  

Dilansir dari indian express pada Jumat (11/2), makanan yang akan memastikan kadar gula darah Anda selalu terjaga. Berikut makanan yang harus Anda konsumsi:

Baca Juga

Kacang 

Kacang hitam atau buncis adalah makanan indeks glikemik rendah.  Ini berarti karbohidrat mereka secara bertahap dilepaskan dan karenanya mereka cenderung menyebabkan lonjakan gula darah.  

Makanan ini sangat bermanfaat sehingga sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa makan secangkir kacang setiap hari selama tiga bulan sebagai bagian dari diet rendah glikemik menurunkan tingkat HbA1c (hemoglobin A1c) hingga setengah poin persentase.

Apel

Apel juga makanan rendah glikemik. Makanan yang rendah atau sedang pada indeks glikemik adalah salah satu cara untuk mengelola kadar gula darah.  Makan apel setiap hari memiliki manfaat mereka tinggi serat, vitamin C dan bebas lemak. Belum lagi pilihan camilan portabel dan mudah.

Kacang Almond

Kacang renyah ini kaya akan magnesium, mineral yang membantu tubuh menggunakan insulinnya sendiri secara lebih efektif.  Coba tambahkan lebih banyak almond ke dalam makanan Anda untuk mendapatkan dosis harian mineral penyeimbang gula darah ini. Almond kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, protein, dan serat yang menjadikannya cara yang bagus untuk membantu mengelola kadar glukosa darah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement