Rabu 09 Feb 2022 01:00 WIB

Idap Kolesterol Tinggi, Berapa Butir Batas Aman Makan Telur?

Untuk kelola kolesterol, orang harus ubah pola makan, termasuk dalam konsumsi telur.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Telur (ilustrasi). Walaupun orang dengan kolesterol tinggi harus lebih berhati-hati, faktanya telur memiliki banyak manfaat.
Foto:

Perubahan pola makan adalah perjuangan bagi beberapa orang untuk menyeimbangkan kolesterol jahat dengan baik. Kegagalan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat juga dapat menyebabkan peningkatan risiko strok, penyakit jantung, dan serangan jantung.

Kolesterol baik adalah high-density lipoprotein (HDL) yang menjaga kesehatan jantung. Kolesterol jahat adalah low-density lipoprotein (LDL) yang melapisi dinding arteri dalam bentuk plak. Semakin sedikit kolesterol jahat yang dimiliki seseorang, maka semakin baik, dan sebaliknya untuk kolesterol baik.

Tingkat kolesterol makanan yang rendah diperlukan untuk menjaga kesehatan yang baik. Akan tetapi, beberapa makanan sehat lainnya mengandung zat lemak.

Ketika berbicara tentang kolesterol, ada beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL. Jika seseorang ingin menurunkan kolesterol, makanan yang tinggi sterol dan stanol sangat ideal untuk tujuan ini.

Makanan ini memblokir beberapa kolesterol agar tidak diserap dan menurunkan kadarnya dalam darah seseorang. Sterol dan stanol dapat ditemukan dalam minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian, gandum utuh, serta beberapa buah dan sayuran. Seiring waktu, beberapa perusahaan telah mengembangkan makanan yang mengandung sterol dan stanol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement