Senin 07 Feb 2022 20:14 WIB

Studi: Banyak Warga Amerika Konsumsi Melatonin untuk Tidur

Penggunaan suplemen melatonin bagi warga Amerika meningkat signifikan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Penggunaan suplemen melatonin bagi warga Amerika meningkat signifikan.
Foto: Needpix
Penggunaan suplemen melatonin bagi warga Amerika meningkat signifikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penelitian menunjukkan bahwa banyak orang Amerika menggunakan suplemen melatonin untuk tidur. Dalam sebuah penelitian di Journal of American Medical Association (JAMA), penulis dari Rumah Sakit Dongzhimen Beijing, Rumah Sakit Xiyuan, Klinik Mayo Minnesota mengatakan prevalensi konsumsi suplemen melatonin yang dilaporkan meningkat secara signifikan dari 1999-2000 hingga 2017-2018 di semua demografi.

Selain itu, tim menulis, meskipun tetap sangat rendah, prevalensi penggunaan yang dilaporkan sendiri lebih dari 5 miligram per hari, juga meningkat seiring waktu. 

Baca Juga

"Perkiraan ini dapat meningkatkan masalah keamanan, terutama mengingat kandungan melatonin yang sebenarnya dalam suplemen yang dipasarkan mungkin mencapai 478 persen lebih tinggi dari konten berlabel, dan bukti yang mendukung penggunaan melatonin untuk gangguan tidur lemah," tulis penelitian itu dilansir Fox News, Senin (7/2/2022).

Untuk mencapai kesimpulan ini, mereka memeriksa prevalensi dan tren yang dilaporkan, mengevaluasi mereka yang menggunakan dosis melatonin lebih besar dari 5 mg per hari. Menggunakan data dari siklus 1999-2000 hingga 2017-2018 dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES), penulis melihat penggunaan melatonin pada lebih dari 55 ribu orang dewasa di atas usia 20 tahun di semua kelompok demografis. Data penggunaan suplemen makanan selama 30 hari terakhir dan dosis harian yang digunakan saat mengonsumsi suplemen dikumpulkan melalui wawancara di rumah, dan peserta penelitian diminta untuk menunjukkan wadah suplemen.

Konsumsi melatonin yang dilaporkan secara keseluruhan naik dari 0,4 persen pada 1999-2000 menjadi 2,1 persen pada 2017-2018, dengan peningkatan mulai 2009-2010. Para peneliti menambahkan bahwa meningkatnya penggunaan melatonin eksogen pada populasi umum dan potensi terapeutiknya yang berkembang adalah alasan perolehan bukti kuat keamanan suplemen melatonin jangka panjang. Tren ditemukan serupa di seluruh jenis kelamin dan kelompok usia, dan penggunaan melatonin lebih dari 5 mg per hari tidak dilaporkan sebelum 2005-2006.

Keterbatasan penelitian ini, termasuk sejumlah kecil pengguna melatonin di beberapa subkelompok. Perkiraan tren penggunaan melatonin yang andal di seluruh kelompok ras dan etnis tidak dapat diberikan, alasan penggunaan tidak tersedia di semua siklus, dan penggunaan melatonin dilaporkan sendiri, meskipun wadah suplemen diverifikasi di hampir semua peserta.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), melatonin adalah neurohormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal yang dikenal untuk mengatur ritme sirkadian tubuh dan membantu meningkatkan kualitas tidur. Badan itu mencatat bahwa melatonin sebagai suplemen nutrisi tidak diatur oleh Food and Drug Administration (FDA) dan bahwa beberapa ahli telah menyatakan keprihatinannya tentang produk melatonin yang dijual di Amerika Serikat.

"Selain itu, dua panel ahli tidur telah menerbitkan peringatan tentang penggunaan melatonin untuk mendorong penyesuaian kerja shift, yang menyatakan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan di bidang ini," tulis FDA dalam pernyataan.

National Institutes of Health's National Center for Complementary and Integrative Health mengatakan terkena cahaya dapat menghalangi produksi melatonin dan peran hormon lainnya dalam tubuh tidak sepenuhnya dipahami. FDA menulis bahwa belum ada informasi yang cukup tentang kemungkinan efek samping untuk memiliki gambaran jelas tentang keamanannya secara keseluruhan, menyoroti bahwa informasi tentang keamanan jangka panjang suplemen ini kurang.

Mengutip sebuah studi pada 2017, badan itu mencatat bahwa beberapa suplemen melatonin mungkin tidak mengandung apa yang tercantum pada label produk, dan itu diatur dengan kurang ketat oleh FDA daripada obat resep atau obat bebas. Pedoman 2015 oleh American Academy of Sleep Medicine merekomendasikan penggunaan melatonin oleh penderita demensia, serta ada kurangnya penelitian tentang keamanan penggunaan melatonin pada wanita hamil atau menyusui. 

Menurut Mayo Clinic, melatonin yang diminum dalam jumlah tepat umumnya aman, tetapi dapat menyebabkan efek samping termasuk sakit kepala, pusing, mual, kantuk, dan perasaan depresi jangka pendek, tremor ringan, kecemasan ringan, kram perut, iritabilitas, penurunan kewaspadaan, dan kebingungan atau disorientasi. Klinik ini menginstruksikan orang untuk tidak mengonsumsi melatonin jika mereka memiliki penyakit autoimun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement