Rabu 18 Oct 2023 14:24 WIB

Sering Dipakai Jadi Obat Tidur, Dokter Ungkap Bahaya Melatonin

Penggunaan melatonin yang berlebih ternyata bisa memicu sejumlah masalah kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada sejumlah risiko efek samping yang mungkin timbul setelah mengonsumsi suplemen melatonin yang biasa digunakan menjadi obat tidur. (ilustrasi)
Foto: Livestrong
Ada sejumlah risiko efek samping yang mungkin timbul setelah mengonsumsi suplemen melatonin yang biasa digunakan menjadi obat tidur. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Suplemen melatonin merupakan produk yang cukup populer saat ini di kalangan orang-orang yang mengalami kesulitan tidur atau insomnia. Meski diklaim mampu menangkal beragam gangguan tidur, penggunaan suplemen melatonin yang berlebih ternyata bisa memicu sejumlah masalah kesehatan.

Secara umum, melatonin merupakan hormon yang terdapat secara alami di dalam tubuh. Produksi hormon melatonin biasanya meningkat di dalam tubuh saat malam hari.

Baca Juga

Melatonin sebenarnya tidak dapat membuat orang tertidur. Akan tetapi, melatonin bisa membuat tubuh memasuki kondisi terjaga dengan tenang sehingga dapat mempermudah terjadinya tidur.

Dr Nazreen Morley mengungkapkan bahwa suplemen melatonin memang cukup efektif untuk meringankan masalah atau kesulitan tidur. Akan tetapi, Dr Morley tidak menganjurkan orang-orang untuk mengonsumsi suplemen melatonin setiap hari.

Menurut Dr Morley, konsumsi terlalu banyak suplemen melatonin atau melatonin sintetis bisa memunculkan sejumlah masalah kesehatan. Masalah-masalah tersebut adalah rasa lelah berlebih, lesu berlebih, sakit kepala, dan bahkan masalah pencernaan pada sebagian kasus.

Sama seperti Dr Morley, dokter sekaligus TikToker yang dikenal dengan nama Dr Charles juga tidak merekomendasikan penggunaan suplemen melatonin secara rutin dan berlebih. Alasannya, penggunaan suplemen melatonin bisa memicu timbulnya mimpi buruk, kelelahan di pagi hari, dan bahkan risiko terjatuh untuk lansia.

National Health Service turut memperingati adanya sejumlah risiko efek samping yang mungkin timbul setelah mengonsumsi suplemen melatonin. Akan tetapi, sebagian besar orang biasanya tidak akan mengalami efek samping tersebut. Berikut ini adalah beragam risiko efek samping dari penggunaan suplemen melatonin yang perlu diwaspadai, seperti dilansir Express pada Rabu (18/10/23):

1. Merasa mengantuk atau lelah di siang hari

2. Sakit kepala

3. Sakit perut

4. Mual

5. Pening

6. Mudah marah atau gelisah

7. Mulut kering

8. Kulit kering atau gatal

9. Sakit pada tangan atau kaki

10. Mengalami mimpi aneh atau berkeringat di malam hari

 

Suplemen melatonin mungkin bisa didapatkan tanpa resep dokter. Akan tetapi, orang-orang yang mengalami kesulitan tidur sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan suplemen melatonin. Orang-orang yang menggunakan suplemen melatonin juga perlu berkonsultasi dengan dokter bila mengalami efek samping yang mengganggu. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement