Senin 07 Feb 2022 19:23 WIB

Ibuprofen Jangan Diminum Bersamaan dengan Obat yang Satu Ini

Ibuprofen dan aspirin termasuk obat antiinflamasi non streoid.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Aneka jenis obat (Ilustrasi). Minum obat antiinflamasi non steroid dengan obat antidepresan selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI) dapat memicu peningkatan risiko terjadinya perdarahan internal.
Foto:

Peneliti menilai, peningkatan risiko perdarahan saluran cerna atas terjadi karena dampak dari interaksi obat NSAID dan SSRI. NSAID diketahui bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin yang melindungi saluran cerna. Di sisi lain, SSRI bekerja dengan cara menghambat produksi platelet di darah yang berperan penting untuk penggumpalan darah.

"Sebagian perdarahan mungkin bersifat mikroskopik dan tak terlihat, oleh karenanya, gejala anemia seperti kelelahan, sesak napas saat beraktivitas, atau perasaan seperti akan pingsan dapat menjadi sinyal kehilangan darah juga," kata dr Elena Ivanina dari Lenox Hill Hospital.

Dr Ivanina mengingatkan, SSRI bisa meningkatkan keasaman lambung. Kondisi ini dapat memicu terjadinya peptic ulcer atau tukak lambung dan peningkatan risiko perdarahan saluran cerna. Gejala lain dari perdarahan saluran cerna adalah kram perut, pucat, muntah yang tampak seperti ampas kopi, lemah, dan lelah.

Berkaitan dengan risiko ini, pasien diharapkan berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk meminum beberapa obat secara bersamaan. Temuan terbaru ini sudah dipresentasikan dalam Annual Scientific Meeting & Postgraduate Course of the American College of Gastroenterology.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement