Kamis 03 Feb 2022 22:06 WIB

Lapar Tengah Malam? Paling Aman Konsumsi Enam Makanan Ini

Ahli gizi menyarankan enam jenis camilan apabila merasakan lapar di malam hari.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Ahli gizi menyarankan enam jenis camilan apabila merasakan lapar di malam hari.
Foto: Flickr
Ahli gizi menyarankan enam jenis camilan apabila merasakan lapar di malam hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seringkali kita membayangkan untuk makan makanan sehat dan hangat di malam hari ketika perut kosong. Tapi kenyataannya lebih rumit. Ketika begadang, pasti akan terasa lapar dan akhirnya mencicipi camilan yang ada.

Meskipun kita sudah lama mendengar bahwa makan sebelum tidur dikaitkan dengan penambahan berat badan, ini sebagian besar hanyalah mitos. Walaupun apa yang kita pilih untuk dimakan sebelum tidur dapat memengaruhi berat badan dari waktu ke waktu.

Baca Juga

Dilansir dari Huffpost, Kamis (3/2/2022), jika lapar sebelum tidur, para ahli gizi memaparkan pilihan utama mereka untuk camilan sehat di malam hari.

1. Kenari

Menurut ahli diet profesional, Tracy Lockwood Beckerman, perut yang keroncongan di malam hari adalah cara tubuh memberi tahu bahwa ia mendambakan lebih banyak kalori dan nutrisi. Jadi, kita harus berusaha untuk makan makanan yang memberi kita nutrisi paling banyak.

Itulah yang membuat kenari menjadi pilihan yang sangat baik. “Kenari memiliki nutrisi berlimpah, berkontribusi pada kalsium, magnesium, vitamin B, protein dan lemak sehat jantung seperti omega-3 nabati,” kata Beckerman.

 

2. Pisang

Selain enak, pisang ternyata bisa membantu kita tertidur. “Pisang mengandung potasium, yang merupakan pelemas otot alami, membantu tidur malam yang nyenyak. Pisang juga memiliki triptofan yang rendah, yang tidak hanya meningkatkan suasana hati tetapi dapat membantu tidur malam yang nyenyak,” kata Beckerman.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah pisang mengandung jumlah gula yang cukup, sekitar 15 gram per pisang. Sementara terlalu banyak gula dapat mengganggu tidur, gula yang ditemukan dalam pisang adalah alami dan akan memiliki lebih sedikit efek pada gula darah daripada gula rafinasi.

 

3. Kacang berlapis coklat

Sebagian besar dari kita menginginkan sesuatu yang manis sebelum tidur. Jadi seharusnya ini menjadi kabar baik bahwa Beckerman menyarankan makan kacang berlapis cokelat sebelum tidur. “Tidak ada yang salah dengan cokelat hitam dan kacang-kacangan untuk memuaskan rasa lapar sebelum tidur,” kata dia.

Kacang-kacangan mengandung protein penstabil darah dan lemak sehat. Cokelat hitamnya harus dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Satu peringatan di sini adalah cokelat hitam memang mengandung kafein. Untuk konteksnya, satu cangkir kopi memiliki sekitar 100 miligram.

 

4. Berry dan Almond dicampur Yoghurt

Mungkin kita menganggap ini sebagai makanan sarapan, tetapi ini bisa memberikan efek terbaik pda tubuh jika dikonsumsi di malam hari. “Ini adalah pilihan yang bagus karena memiliki keseimbangan protein, karbohidrat dan lemak,” kata ahli diet profesional, Abby Vichill.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement