Senin 14 Oct 2019 19:00 WIB

Camilan Malam yang Direkomendasikan Ahli Diet

Tidak semua camilan bagus untuk dikonsumsi di malam hari oleh mereka yang berdiet.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Salad sayuran.
Foto: EPA
Salad sayuran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang merasa bersalah setelah menghentikan rasa lapar sebelum tidur. Apalagi, terkadang mereka tak cukup hanya memakan biskuit untuk menghilangkan rasa lapar.

Namun, bagi orang yang dalam proses penurunan berat badan, apa yang dipilih sebagai camilan larut malam bisa memberi perubahan besar dalam hal mengurangi berat badan. Secara khusus, ahli diet Helen Bond mengatakan camilan larut malam bisa membuat seseorang mendapatkan beberapa nutrisi tambahan dalam dietnya.

Baca Juga

"Ngemil  bisa menjadi bagian dari diet seimbang dan bisa menjadi peluang besar untuk menyelipkan beberapa nutrisi tambahan ke dalam makanan kita,” kata Bond dilansir di The Sun, Senin (14/10).

Di lain sisi, Bond mengingatkan agar makanan atau kudapan malam dipilih dengan bijak. Sebab, camilan yang tampak sehat, seperti biskuit rendah lemak, sereal, dan yoghurt tidak memberi manfaat.

"Beberapa di antaranya tinggi lemak jenuh yang menambah kolesterol dan "bebas" gula, jenis yang kita harus kurangi demi ukuran pinggang dan gigi kita,” ujar Bond.

Ketika malam, Bond menyarankan camilan sehat yang bisa dinikmati saat malam.

1 Sayuran dengan celupan yang terbuat dari yoghurt rencah lemak, mentimun, bawang putih, dan jus lemon.

2 Semangkok salat sayur dan buah.

3 Yoghurt rendah lemak biasa dengan buah beri segar.

4 Beberapa oatcakes dengan keju cottage dan tomat di atasnya.

5 Irisan roti panggang gandum tanpa tambahan gula atau mentega kacang.

6 Segenggam kecil kacang atau biji-bijian yang tidak diasinkan.

7 Beberapa roti crisp rye dengan alpukat tumbuk.

8 Beberapa genggam popcorn yang ditaburi kayu manis.

9 Beberapa potong baguette gandum dengan topping salsa buatan sendiri yang terbuat dari tomat potong dadu,  bawang merah, bawang putih, dan ketumbar.

10 Seledri diisi dengan beberapa sendok hummus.

11 Mangkuk salad dengan satu butir telur rebus.

Jika Anda mencoba membakar lemak tubuh, mengudap camilan seperti keripik, cokelat, dan es krim sebelum tidur adalah hal yang mutlak tidak boleh dilakukan. Secara khusus, makanan, seperti cokelat, biasanya mengandung kafein yang mungkin membuat Anda lebih sulit tidur juga.

“Sebaiknya hindari makanan ringan yang sangat diproses atau disuling," ujar Bond.

Menurut Bond, selain mengandung lemak jenuh, gula, dan/atau garam yang tinggi, nutrisi ini sering kali rendah zat gizi dan mengandung banyak kalori. Itu artinya camilan tersebut akan membuat kita lebih sulit mengendalikan berat badan.

Bond mengatakan contoh makanan yang harus dibatasi antara lain, menu pesan antar, keripik, snack gurih, gula-gula dan cokelat, kue, biskuit, kue, es krim, dan minuman ringan bergula.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement