Kamis 03 Feb 2022 13:35 WIB

Selalu Overthinking? Ini 5 Cara Mengatasinya

'Overthinking' selalu dilakukan dengan cara merugikan dan berujung stres.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
'Overthinking' selalu dilakukan dengan cara merugikan dan berujung stres.
Foto:

4. Hindari kelelahan memilih

Setiap harinya, kita tidak akan lepas dari pilihan-pilihan yang harus diputuskan. Nah, bagi Anda yang overthinking, Anda dapat menghilangkan beban membuat keputusan terus-menerus dengan menyiapkan rutinitas sederhana, seperti rencana makan mingguan atau lainnya. Dan jika berkaitan dengan pekerjaan, Anda bisa mengatasinya dengan mencari delegasi, dan menyiapkan protokol standar dan praktik terbaik.

 

5. Kuasai seni membangun batasan kreatif

Parkinson’s Law adalah hukum yang berhubungan dengan manajemen waktu dan menyatakan bahwa pekerjaan berkembang sesuai dengan waktu yang tersedia untuk menyelesaikannya. Misalnya, apalagi kita memberi tenggat waktu untuk suatu pekerjaan selama satu tahun, pekerjaan tersebut akan selesai selama satu tahun. Apabila kita memberikan tenggat waktu 6 bulan, pekerjaan yang sama pun akan tetap selesai sesuai waktu yang ditentukan.

Dengan menggunakan batasan kreatif, Anda dapat memberikan akuntabilitas pada diri sendiri dan melewati proses berpikir berlebihan yang panjang. Misalnya, Anda dapat membuat tenggat waktu untuk menyelesaikan keputusan. Setel alarm telepon, tandai tanggal di kalender atau bahkan hubungi pemangku kepentingan dan beri tahu mereka kapan akan menghubungi mereka kembali.

Ingatkan diri Anda sesering mungkin bahwa Anda memiliki keunggulan kompetitif karena kedalaman mental. Dengan menjinakkan kecenderungan untuk berpikir berlebihan, Anda akan memberdayakan diri sendiri untuk menggunakan kepekaan sebagai sebuah kekuatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement