Sabtu 29 Jan 2022 13:21 WIB

Layangan Putus Bikin Anak Kenal Perselingkuhan-Ketidakharmonisan, Apa Dampaknya?

Anak-anak juga terpapar konten Layangan Putus yang viral di media sosial.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Serial Layangan Putus tayang di WeTV. Anak-anak juga terpapar konten serial yang viral ini.
Foto:

Sementara itu, dosen sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Luluk Dwi Kumalasari mengatakan, viralnya serial Layangan Putus ini membawa beberapa dampak dalam kehidupan masyarakat. Luluk menjelaskan, viralnya serial ini tak hanya memengaruhi kalangan dewasa, tetapi juga anak-anak.

Terpaparnya anak-anak terhadap konten Layangan Putus tersebut dapat berdampak negatif bagi pola pikir mereka. Anak-anak jadi mengenal perselingkuhan, perceraian, dan ketidakharmonisan pada keluarga di usia yang masih sangat muda.

Sebenarnya, serial ini sudah dibatasi dari anak kecil melalui sarana konten berbayar dan imbauan tentang penonton berusia 17 tahun ke atas. Namun, viralnya cuplikan Layangan Putus di beberapa media sosial seperti Tiktok dan Instagram membuka akses bagi anak-anak untuk menonton.

"Melihat hal tersebut, kita sebagai orang tua harus memberikan pemahaman lebih kepada anak terkait perselingkuhan maupun perceraian. Selain itu, orang tua juga bisa turut melakukan pembatasan konten dengan menggunakan fitur Tiktok kids,” ungkap Kepala Program Studi (Prodi) Sosiologi tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement