Jumat 21 Jan 2022 17:10 WIB

Memperkenalkan Kacang Sejak Dini Bisa Bantu Cegah Alergi

Alergi kacang-kacangan mempengaruhi sebagian besar anak-anak secara global.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Kacang merupakan salah satu makanan penyebab alergi. Gejala alergi makanan disebabkan oleh respons sistem kekebalan tubuh, sedangkan gejala intoleransi atau sensitivitas tidak.
Foto:

Peneliti Lainnya dari sudi tersebut Wesley Burk mengatakan alergi kacang mempengaruhi dua persen anak-anak di negara-negara Barat dan dapat berlangsung seumur hidup. Anak-anak yang terkena dampak harus menghindari makan kacang dan memiliki adrenalin yang dapat disuntikkan sendiri untuk melawan kejutan alergi, yang dapat berakibat fatal jika mereka secara tidak sengaja terpapar.

"Paparan bahkan bisa terjadi saat anak memeluk seseorang yang baru saja mengonsumsi kacang. Tidak ada pilihan pengobatan, yang mengakibatkan beban yang cukup besar pada anak-anak alergi dan pengasuh mereka untuk menghindari paparan yang tidak disengaja," kata dia.

Dalam kasus yang parah, ini dapat membatasi kebebasan anak-anak yang alergi kacang, terutama ketika harus menavigasi tempat penitipan anak atau sekolah dan ruang publik di mana akses ke makanan yang aman dalam bahaya.

 

Diketahui, studi sebelumnya telah menghasilkan hasil yang serupa tetapi panjangnya studi terbaru membuatnya unik. Meskipun memberikan hasil yang penting, itu mungkin tidak mencerminkan perilaku tubuh anak-anak dalam kondisi dunia nyata. Penelitian dilakukan di bawah pengawasan medis yang ketat dan suntikan adrenalin diberikan pada 21 anak selama percobaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement