Rabu 12 Jan 2022 22:23 WIB

8 Jenis Kacang Paling Sehat Rekomendasi Ahli Diet

Beberapa jenis kacang bermanfaat bagi kesehatan dan disebut paling sehat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Beberapa jenis kacang bermanfaat bagi kesehatan dan disebut paling sehat.
Foto: Flickr
Beberapa jenis kacang bermanfaat bagi kesehatan dan disebut paling sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kacang bisa disebut sebagai camilan yang sempurna. Selain karena teksturnya yang renyah, mudah dimakan dan dibawa bepergian, rasanya juga sangat lezat. Memadukan kacang dengan taburan cokelat juga tidak ada salahnya.

Namun dalam hal nutrisi, tidak semua kacang diciptakan sama. Ahli Diet Malena Perdomo, MS, RDN, CDE, berbagi tentang manfaat kacang-kacangan untuk kesehatan yang bisa disebut paling sehat.

Baca Juga

“Kacang dikemas dengan lemak baik (lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda), dan menyediakan banyak vitamin serta mineral, asam folat, vitamin E, vitamin B6 dan mineral seperti magnesium, kalium, tembaga, seng, selenium dan fosfor," kata Malena. 

Kacang juga mengandung serat dan protein. Ahli diet merekomendasikan mengonsumsi berbagai kacang untuk mendapatkan manfaat penuh dari semua nutrisinya.

 

Berikut delapan jenis kacang yang paling sehat, seperti dilansir dari laman Myrecipes, Rabu (12/1/2022).

Kacang almond

Almond mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Kacang memiliki jumlah serat makanan yang lebih tinggi daripada kacang lainnya dengan 4 gram per porsi satu ons (sekitar 23 almond). Almond juga memiliki vitamin E dan protein paling banyak dari semua kacang pohon, menyediakan 6 gram protein per porsi. 

Kombinasi serat, lemak baik, dan protein itu terbukti mampu membuat orang kenyang lebih lama. Terakhir, almond telah terbukti mengurangi peradangan pada penderita diabetes tipe 2.

 

Kacang pistacio

Kandungan tertinggi kacang ini adalah potasium (291 miligram) per ons dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya. Kacang ini juga tinggi vitamin B6. Pistacio merupakan salah satu kacang serat tertinggi. Pistacio juga dapat membantu faktor risiko penyakit jantung, tekanan darah, berat badan, dan status oksidatif. 

 

Kenari

Kacang kenari adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Makanan juga telah terbukti meningkatkan kesehatan kardiovaskular dengan menurunkan kolesterol dan tekanan darah tubuh. Selain itu, kenari dapat melawan peradangan. Porsi satu ons kenari adalah 12 - 14 kacang.

 

Kacang mete

Satu porsi kacang mete mengandung sekitar 18 kacang, yang menyediakan lima gram protein. Kacang mete memiliki jumlah zat besi per ons tertinggi dan zinc per ons tertinggi dari semua kacang. Kandungan itu penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Bagi seorang vegetarian yang mencari makanan kaya zat besi, maka pasti ingin mulai mengemil kacang mete. Kacang mete juga berfungsi sebagai sumber tembaga dan magnesium yang sangat baik.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement