Selasa 18 Jan 2022 15:09 WIB

Coba Telusuri, Apakah di Keluarga Ada yang Pernah Kena Kanker Ovarium?

Chris Evert memiliki riwayat kanker ovarium di keluarganya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Legenda tenis Chris Evert mengungkapkan bahwa dia didiagnosis kanker ovarium stadium 1C. Kisah Chris Evert menunjukkan bagaimana mengetahui riwayat keluarga dapat memungkinkan Anda untuk mencegah kanker dan menyelamatkan hidup Anda.
Foto:

Evert menceritakan bahwa adik perempuannya, Jeanne Evert Dubin meninggal karena kanker ovarium pada Februari 2020. Evert juga menunjukkan bagaimana pengujian genetik telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Pada saat Jeanne didiagnosis kanker, anggota keluarga Evert tidak dianjurkan untuk menjalani tes genetik. Sebab, varian gen yang diuji Jeanne pada saat itu tidak dianggap patogen.

Empat tahun setelah diagnosis Jeanne, saat pengujian genetik telah berkembang, varian gen BRCA1 yang dimiliki Jeanne sekarang dianggap patogen. Hal itu mendorong anggota keluarga Evert untuk melakukan pengujian serupa.

Tes genetik belum lama ini mengungkapkan Chris Evert memiliki varian patogen dari gen BRCA1. Pakar kesehatan menjelaskan, varian gen BRCA1 merupakan penanda yang membantu mendeteksi risiko seseorang terkena kanker ovarium dan payudara.

Saat Evert bersiap untuk perawatan kemoterapinya, dia menawarkan saran di akun Twitter-nya.

"Jadilah pendukung Anda sendiri. Ketahui sejarah keluarga Anda. Miliki kesadaran total akan tubuh, ikuti naluri, dan waspadai perubahan. Jangan menyangkal dan berpikir ini akan berlalu," tulis Evert.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement