Senin 17 Jan 2022 22:33 WIB

Ilmuwan Temukan Gen Spesifik yang Mampu Lindung dari Covid-19 Parah

Temuan gen bisa mengarah pada terobosan baru memerangi virus Covid-19.

Para peneliti telah menemukan varian gen spesifik yang diklaim mampu melindungi orang dari kasus atau penyakit Covid-19 parah.
Foto:

Sementara varian tampaknya telah dibawa oleh manusia untuk waktu yang sangat lama. Hal itu tidak akan mudah untuk ditemukan, mengingat kompleksnya analisis genetik seperti ini. Kecuali kecuali jika populasi dari jenis yang berbeda dibandingkan.

Peneliti senior dan ahli genetika evolusi Hugo Zeberg dari Karolinska Institute di Swedia mengatakan studi ini menunjukkan betapa pentingnya untuk memasukkan individu dari nenek moyang yang berbeda.

"Jika kami hanya mempelajari satu kelompok, kami tidak akan berhasil mengidentifikasi varian gen dalam kasus ini,” kata dia.

Meskipun masih banyak yang harus dipelajari tentang rs10774671 G, para peneliti menyarankan efek perlindungan muncul karena efek varian pada gen OAS1, mengkodekan protein OAS1 yang lebih panjang yang lebih efektif dalam memecah SARS-CoV-2 daripada bentuk yang tidak berubah. 

Jika mereka benar, wawasan itu bisa menjadi langkah penting menuju jenis pengobatan baru yang dapat meningkatkan respons kekebalan dengan cara sama. Peneliti senior dan ahli genetika Brent Richards dari McGill University di Kanada mengatakan, peneliti mulai memahami faktor risiko genetik secara rinci adalah kunci untuk mengembangkan obat baru melawan Covid-19. Temuan ini dilaporkan di Nature Genetics.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement