Sabtu 15 Jan 2022 04:06 WIB

Kena Flu dan Covid-19 Bersamaan, Sakitnya Jadi Dua Kali Lipat?

Flurona terjadi ketika kasus flu terjadi bersamaan dengan Covid-19.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Flurona. Kasus flu dan Covid-19 dapat terjadi bersamaan.
Foto:

Meski demikian, para dokter anak optimistis bahwa flurona tidak akan menginfeksi kebanyakan anak. Hal itu karena anak-anak memang cenderung bisa mendapatkan banyak infeksi di saat bersamaan.

"Tidak terlalu mengejutkan bagian kami yang melihat koinfeksi sepanjang waktu," jelas Frank Esper, seorang dokter penyakit menular pediatri di Cleveland Clinic Children’s Hospital.

Hal yang perlu diketahui adalah jika Anda terinfeksi kedua virus, baik flu ataupun Covid-19, secara bersamaan adalah jangan panik. Tetapi, jika mengalami gejala seperti kesulitan bernapas, segera hubungi dokter.

Para dokter mengatakan, mereka mungkin akan merawat pasien yang memiliki kedua infeksi dengan cara yang sama dengan merawat seseorang yang hanya memiliki satu jenis infeksi. Sejumlah ahli tidak meyakini perawatan akan bekerja melawan satu sama lain atau menyebabkan masalah pada tubuh pasien.

photo
Flurona. Kasus flu dan Covid-19 dapat terjadi bersamaan. - (Republika)

Untuk mencegah koinfeksi, para ahli tetap mengingatkan untuk segera lakukan vaksinasi Covid-19 dan flu. Baik anak-anak maupun orang dewasa bisa mendapatkan kedua vaksin tersebut secara bersamaan.

Selain itu, para ahli setuju untuk terus memakai masker dan menjaga jarak sosial. Baik flu maupun virus corona adalah virus yang ditularkan melalui udara, jadi membatasi paparan akan mengurangi peluang Anda untuk terinfeksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement