Jumat 14 Jan 2022 10:41 WIB

Camilan Bergizi Tinggi Ini Dapat Bantu Kelola Kadar Gula Darah dalam 45 Menit

Kadar gula darah dapat dipengaruhi oleh asupan makanan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Buah mangga. Mengonsumsi camilan berupa mangga segar sebanyak 100 kalori atau kukis rendah lemak dapat membantu mengelola kadar gula darah.
Foto:

Peneliti mendapati bahwa mangga dan kukis rendah lemak sama-sama memicu peningkatan kadar gula darah dan insulin. Akan tetapi, peningkatan kadar gula darah setelah mengonsumsi mangga tampak lebih rendah dibandingkan cookies rendah lemak.

"Mangga membantu menjaga kadar gula darah dan kadar insulin tetap stabil setelah dikonsumsi," kata tim peneliti, seperti dilansir Express, Jumat (14/1/2022).

Akan tetapi, National Health Service menekankan bahwa indeks glikemik pada makanan tak bisa menjadi satu-satunya patokan dalam memilih makanan yang sehat. Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi tak selalu berarti tidak sehat, dan tidak semua makanan rendah indeks glikemik itu sehat.

Hal paling utama yang perlu diperhatikan adalah menjaga keseimbangan dalam pola makan. Orang-orang yang memiliki risiko terhadap diabetes tipe 2 juga perlu memantau kadar gula darah mereka.

Selain itu, penting juga untuk mengenali beberapa gejala dari diabetes tipe 2, seperti lebih sering berkemih, haus sepanjang hari, merasa lelah, berat badan menurun begitu saja, gatal di area kemaluan, pandangan kabur, dan luka sulit sembuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement