Rabu 12 Jan 2022 22:42 WIB

Diabetes Bisa Usik Anak yang Sudah Sembuh dari Covid-19, Kenali Gejalanya

Orang tua diminta waspadai gejala diabetes pada anak yang pernah kena Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Tes Covid-19 anak. Studi terbaru CDC AS mengungkap ada risiko anak yang telah sembuh dari Covid-19 untuk mengembangkan diabetes.
Foto:

Beberapa studi lain juga sempat meyoroti adanya peningkatan risiko diabetes pada orang dewasa yang pernah terkena Covid-19. Selain itu, peneliti di Eropa juga melaporkan adanya peningkatan risiko diabetes tipe 1 pada anak-anak.

Studi CDC merupakan yang pertama yang menemukan adanya peningkatan risiko kedua jenis diabetes, tipe 1 dan 2, pada anak yang telah sembuh dari Covid-19. Tim peneliti menilai ada beberapa hal yang mungkin membuat risiko diabetes meningkat di kalangan penyintas Covid-19.

photo
IDAI ungkap alasan anak wajib divaksin - (Republika)

Salah satu kemungkinannya, Covid-19 menyebabkan kerusakan pada sistem organ yang berkaitan dengan kejadian diabetes. Kemungkinan lainnya, SARS-CoV-2 secara langsung menyerang sel-sel pankreas. Situasi ini lalu menyebabkan stres dan peningkatan kadar gula darah selama masa infeksi sekaligus mengubah metabolisme glukosa.

Di samping itu, peneliti mengatakan peningkatan risiko diabetes juga bisa berkaitan dengan perubahan pola hidup dan kebiasaan sedenter di masa pandemi. Gaya hidup yang tidak aktif ini dapat mempercepat laju perjalanan prediabetes menjadi diabetes tipe 2.

"Agensi rekanan dan dokter di lapangan perlu menyadari konsekuensi jangka panjang ini dan memantau kejadian diabetes baru pada individu berusia di bawah 18 tahun dalam beberapa bulan setelah mereka terinfeksi SARS-CoV-2," ungkap tim peneliti CDC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement