Selasa 11 Jan 2022 20:30 WIB

Pertama di Dunia: Transplantasi Jantung Babi ke Manusia

Transplantasi memakai organ hewan dikenal sebagai xenotransplantasi.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Foto dari University of Maryland School of Medicine (UMSOM) memperlihatkan ahli bedah Muhammad M Mohiuddin MD (tengah) memimpin jalannya operasi transplantasi jantung babi pada pasiennya, David Bennett.
Foto:

September 2021 lalu, para peneliti di New York, AS, melakukan percobaan yang menunjukkan bahwa jenis babi ini mungkin menjanjikan untuk transplantasi dari hewan ke manusia. Untuk sementara, dokter menempelkan ginjal babi ke tubuh manusia yang sudah meninggal dan melihatnya mulai bekerja.

 

Dokter Robert Montogomery yang memimpin penelitian itu di NYU Langone Health mengatakan, transplantasi Maryland membawa eksperimen mereka ke tingkat berikutnya. Ia menyebutnya sebagai terobosan yang benar-benar luar biasa.

 

"Sebagai penerima transplantasi jantung, saya sendiri mengalami kelainan jantung genetik, saya senang dengan berita ini dan harapannya diberikan kepada keluarga saya dan pasien lain yang pada akhirnya akan sembuh diselamatkan oleh terobosan ini," ujarnya.

 

Operasi pada Jumat pekan lalu membutuhkan waktu tujuh jam di salah satu rumah sakit di Baltimore, Maryland. Dr Bartley Griffth yang melakukan operasi mengatakan, gagal jantung dan detak jantung tidak teratur membuat Bennett tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung manusia atau dipasangi pompa jantung.

 

Griffth telah mentransplantasikan jantung babi ke sekitar 50 babon selama lima tahun. Ia akhirnya menawarkan opsi itu kepada Bennett.

 

"Kami belajar banyak setiap hari dengan (pasien) pria ini. Dan sejauh ini, kami senang drngan keputusan kami untuk maju dan dia juga tersenyum lebar di wajahnya hari ini," kata Griffith

 

Katup jantung babi juga telah berhasil digunakan selama beberapa dekade di tubuh manusia. Putra Bennett mengatakan, ayahnya telah mendapatkannya satu dekade lalu.

 

"Dia (Bennett) menyadari besarnya apa yang telah dilakukan dan dia benar-benar menyadari pentingnya itu. Dia tidak bisa hidup, atau dia bisa bertahan sehari, atau bisa bertahan beberapa hari," kata David Bennett Jr.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement