Senin 10 Jan 2022 16:37 WIB

Studi: Uban Bisa Kembali Hitam Ketika Stres Hilang

Studi temukan ada hubungan antara stres denga kemunculan uban.

Studi temukan ada hubungan antara stres denga kemunculan uban.
Foto:

“Tetapi kami tidak berpikir bahwa mengurangi stres pada anak berusia 70 tahun yang telah beruban selama bertahun-tahun akan membuat rambut mereka menjadi lebih gelap atau meningkatkan stres pada anak berusia 10 tahun akan cukup untuk membuat rambut mereka melewati ambang batas abu-abu,” tambah dia.

Studi yang diterbitkan pada 22 Juni di eLife ini memiliki signifikansi yang lebih luas daripada hanya mengonfirmasi spekulasi kuno tentang efek stres pada warna rambut. Untuk lebih memahami bagaimana stres menyebabkan rambut beruban, para peneliti juga mengukur kadar ribuan protein di rambut dan bagaimana kadar protein berubah sepanjang setiap rambut. 

Perubahan 300 protein terjadi ketika warna rambut berubah, dan para peneliti mengembangkan model matematika yang menunjukkan bahwa perubahan mitokondria yang disebabkan oleh stres dapat menjelaskan bagaimana stres mengubah rambut beruban.

“Kita sering mendengar bahwa mitokondria adalah pembangkit tenaga sel, tetapi itu bukan satu-satunya peran yang mereka mainkan. Mitokondria sebenarnya seperti antena kecil di dalam sel yang merespons sejumlah sinyal berbeda, termasuk tekanan psikologis,” kata Picard.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement