Senin 10 Jan 2022 16:29 WIB

90 Persen Penderita Prediabetes akan Menderita Diabetes

Prediabetes merupakan kondisi serius yang bisa berkembang menjadi diabetes.

Prediabetes merupakan kondisi serius yang bisa berkembang menjadi diabetes.
Foto:

“Dengan diet yang lebih sehat, olahraga, dan dalam beberapa kasus, obat-obatan, Anda dapat mengoptimalkan peluang sembuh. Mengendalikan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi juga dapat mengurangi risiko penyakit di masa depan," tambah Jensen.

Meski penyebab pasti prediabetes tidak diketahui, riwayat keluarga dan genetika dapat meningkatkan peluang untuk mengembangkan ketidakseimbangan gula darah. Memiliki kelebihan lemak di sekitar perut, mempertahankan pola makan yang tidak sehat, dan jarang berolahraga juga sangat meningkatkan risiko Anda.

Karena kebanyakan orang dengan prediabetes tidak menunjukkan gejala yang terlihat, penting untuk melakukan skrining. Apalagi jika Anda dianggap berisiko tinggi mengembangkan prediabetes.

"Anda dapat memiliki prediabetes selama bertahun-tahun tetapi tidak memiliki gejala yang jelas, sehingga sering tidak terdeteksi sampai masalah kesehatan yang serius muncul. Itulah mengapa penting untuk berkonsultasi dengan dokter tentang mendapatkan tes gula darah jika Anda memiliki salah satu faktor risiko untuk prediabetes," kata CDC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement