Kamis 06 Jan 2022 04:04 WIB

Ini Masa Paling Menular Saat Terkena Covid-19

Waspadai masa-masa paling menular Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Tes usap PCR. Berdasarkan studi, transmisi Covid-19 paling sering terjadi sekitar satu atau dua sebelum gejala pertama muncul dan hari kedua hingga ketiga setelah gejala muncul.
Foto:

Saat ini, gejala umum Covid-19 masih berupa batuk, demam, dan kehilangan indra penciuman serta perasa. Akan tetapi, CDC juga menyoroti beberapa gejala lain dari dari Covid-19 berupa warna pucat, abu-abu, atau biru pada kulti, bibir, atau dasar kuku.

photo
Beda gejala infeksi varian omicron dan delta. - (Republika)

"Bila gejala terjadi, individu perlu segera mengisolasi diri sampai hasil tes negatif mengonfirmasi bahwa gejala tersebut tak berkaitan dengan Covid-19," jelas panduan CDC.

Protokol kesehatan seperti penggunaan masker tak hanya berlaku bagi individu yang belum terkena Covid-19 atau belum vaksinasi. Individu yang sudah memiliki kekebalan tetap perlu menerapkan protokol kesehatan ini. Karena, imunitas yang terbentuk dari riwayat infeksi alami atau vaksinasi tidak bertahan selamanya.

Di tengah kemunculan varian omicron yang lebih mudah menular, vaksinasi sangat dianjurkan. Bila memungkinkan, pemberian booster atau dosis ketiga vaksin Covid-19 juga sebaiknya dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement